Tanggul PT BTN jebol, berdampak besar terhadap nelayan Air Bangis -->

Tanggul PT BTN jebol, berdampak besar terhadap nelayan Air Bangis

Friday, 22 May 2020

Pasaman barat...... Masyarakat Nelayan nagari Air Bangis dan masyarakat Jorong pigogah kecamatan sungai Beremas kabupaten Pasaman Barat provinsi Sumatra barat, yang keseharian nya mengantungkan hidupnya dengan berprofesi sebagai nelayan laut Air Bangis, serta masyarakat pigogah merasa rugikan dengan jebol tanggul limbah pabrik PT Bintara Tani Nusantara BTN  yang mencemari sungai Batang pigogah ini di tandai dengan matinya ikan dan biota lainnya dari sungai Batang pigogah ,hingga kelautan merusah tempat tempat persembunyian ikan. Benar semenjak jebolnya tanggul limbah pabrik PT BTN hasil tangkapan tidak bisa di harapkan lagi , berkurang jauh dari seperti biasa nya ,ujar Buyung salah seorang nelayan tradisional kampung Padang Air Bangis.

sehingga mengakibatkan lumpuhnya aktivitas melaut masyarakat nagari Air Bangis.
Ketika awak media menemui fihak PT BTN di kantor pabrik kelapa sawit PKS manejer kebun Agus ,ketika di pertanyakan dia mengatakan kedatangan tamu dari dinas lingkungan hidup provinsi Sumbar dan dinas lingkungan hidup kabupaten Pasaman Barat  ,Eka Putra selaku KTU mengatakan manejer pabrik pengolahan kelapa Sawit PKS Harli Putra SE tidak bisa di temui di karena kan lagi sakit.Sementara itu menurut Eka putra masyarakat pigogah lubuk buaya fihak manajemen PT BTN telah memberikan konfensasi sebesar 165 juta rupiah dan 6 unit sumur bor.
Ketika awak media ingin mengkonfirmasikan kepada Kabid dinas lingkungan hidup provinsi Sumatra barat yang bernama Teguh,yang di temui di kantor PT BTN mereka seolah menghidar dari jepretan kamera awak media.

LSM TOPAN-RI Pasbar meminta dinas lingkungan provinsi dan DLH Pasbar tidak main main dan kami akan minta hasil lab sampel yang telah di ambil dinas lingkungan hidup provinsi,dengan kasus yang merugikan masyarakat Nelayan Air Bangis dan masyarakat jorong pigogah, sebagai terdampak  jebolnya tanggul tersebut.


Kami berencana akan menyurati Kementrian lingkungan hidup pusat, di Jakarta bilamana tidak ada kejelasan terkait konfensasi , yang di terima nelayan air Bangis dan masyarakat jorong pigogah akibat jebolnya tanggul PT BTN ,yang mengakibatkan mati nya pencarian masyarakat Air Bangis serta mencemari lingkungan laut sepanjang pesisir air Bangis.(Reporter Arwin Lubis)