Masyarakat Nagari Talu Gelar Program Tanam Padi 2 Kali Setahun. -->

Masyarakat Nagari Talu Gelar Program Tanam Padi 2 Kali Setahun.

Wednesday, 1 July 2020

Acara percepatan tanam Padi ,mas masyara nagari Talu.

Pasbar, andalasrayanews.com- Demi meningkatkan pendapatan hasil tani masyarakat dan mengurangi efek hama tikus, masyarakat Nagari Talu menggelar program pelaksanaan tanam padi perdana 2 kali setahun secara serentak.
Program tersebut mendapat dukungan dari Pemerintahan Nagari Talu, Ninik Mamak, Pemerintah Kecamatan Talamau, Pemkab Pasbar beserta OPD terkait. Dukungan juga datang dari Pemprov Sumbar dan Anggota DPD RI Ema Yohana.
Mereka datang langsung, untuk meresmikan program tanam padi 2 kali setahun, serta memberikan sejumlah bantuan, yang terdiri dari 1 unit alsintan berupa traktor atau mesin bajak, pupuk dan racun hama.
Tak ketinggalan, Dinas Perikanan Pasbar juga memberikan bibit nila gratis pada kesempatan ini, agar para petani juga bisa beternak ikan, dengan melaksanakan program tumpang sari, demi meningkatkan kesejahteraan para petani.
Pelaksaan program tanam padi 2 kali setahun ini, diresmikan langsung oleh Wagub Nasrul Abit, Dt Malintang Panai, yang hadir bersama Kepala DPTPH Sumbar dan Anggota DPD RI Ema Yohana.
Peresmian tanam padi serentak di Kejorongan Pertemuan Nagari Talu dilaksanakan pada Senin (29/6) dan dihadiri oleh Sekda Pasbar Yudesri, Kepala DPTPH Sukarli beserta Kepala OPD lainnya.
Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Wali Nagari Talu Sudro Hakimi, S.Pdi, Camat Talamau Nur Fadhila Zen, yang keduanya pada momen ini diberikan penghargaan oleh ninik mamak Nagari Talu.
Penghargaan diberikan atas kerja keras mereka, dalam mendorong masyarakat petani, agar semuanya seratus persen ikut serta dan mensukseskan pelaksanaan program penanaman padi serentak tersebut. 
Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Tuanku Bosa XIV H. Fadlan Maalif. 31 Kelompok Tani di Nagari Talu, turut ambil bagian dalam pelaksanaan program ini, yang terdiri dari 1.500 petani, dengan luas sawah sekitar 700 H. 
Dalam kata sambutannya, Wagub Nasrul Abit berharap, program ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani di Nagari Talu dan kedepannya, Kecamatan Talamau bisa menjadi lumbung padinya Pasaman Barat.
"Program tanam padi 2 kali setahun merupakan bentuk kemajuan pertanian di Nagari Talu, yang mesti didukung oleh pemerintah dan pihak lainnya. Semoga program ini kedepannya, bisa meningkatkan kesejahteraan para petani di Nagari Talu dan menjadikan  Kecamatan Talamau sebagai lumbung padinya Pasaman Barat", ujar Nasrul Abit.
Saat melanjutkan penanaman serentak ini pada Rabu (1/7), masyarakat petani Nagari Talu melalui media ini, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, yang telah mendukung program pertanian yang mereka laksanakan. Mereka berharap, pemerintah menambah jumlah bantuan traktor, yang  sangat mereka butuhkan.
"Dengan luas lahan sawah 700 H, dan kurangnya jumlah traktor, tentunya menjadi kendala tersendiri bagi kami para petani. Setidaknya kami butuh 15 unit alsintan dan kami berharap, ini menjadi perhatian pemerintah, agar program ini bisa benar - benar sukses dan terlaksana dengan baik", ujar Doni (45), salah seorang petani. (Zein