PDAM Pasbar Terkesan Abaikan Aset Negara -->

PDAM Pasbar Terkesan Abaikan Aset Negara

Tuesday, 23 June 2020



Pasbar, Andalasrayanews.com- Bencana banjir besar yang terjadi 3 tahun yang lalu di Sungai Lubuak Baruak Timbo Abu Nagari Kajai telah memporak - porandakan lingkungan sekitar dan membuat pipa induk PDAM tercerai berai.
Pipa - pipa tersebut bergelimpangan disekitar sungai dan pihak PDAM sampai saat ini, terlihat membiarkannya begitu saja. Walaupun sudah sering disampaikan secara lisan oleh banyak pihak, namun mereka seakan basipakak basibanak.

Menanggapi hal ini, Ketua LSM TOPAN RI Kabupaten Pasaman Barat Arwin Lubis, yang dikonfirmasi melalui nomor selulernya pada Selasa (23/6), sangat menyayangkan kelalaian pihak PDAM dan Pemkab Pasbar, yang seakan tidak peduli dengan aset negara tersebut.
"Kami menerima laporan dari masyarakat, bahwa mereka telah memberitahu PDAM ataupun Pemkab Pasbar, namun sangat disayangkan sampai saat ini tidak ada tindakan untuk mengamankan pipa - pipa tersebut", ujar Arwin.
"Karena ini merupakan aset negara dan mengabaikannya merupakan tidak kejahatan, maka kami bakal segera melaporkannya, untuk diproses sesuai hukum yang berlaku", lanjutnya.
Diperkirakan ada 7 pipa induk, yang telah mulai rusak dan berkarat terbenam di dalam sungai tersebut. Kerugian negara dalam hal ini diperkirakan sekitar Rp. 210.000.000,00. (Zein)