Hujan adalah Rahmat Allah SWT | Ustadz Abrorika, S.pdI. -->

Hujan adalah Rahmat Allah SWT | Ustadz Abrorika, S.pdI.

Wednesday, 13 January 2021


Ustadz, Abrorika, S.pdI.


Ditulis oleh Ustadz Abrorika, S.pdI.

Pasaman Barat (AndalasRayaNews.com) - Air merupakan salah satu elemen terpenting dalam kehidupan manusia.Tanpa air manusia niscaya tidak akan dapat melangsungkan kehidupannya.

Air hujan adalah salah satu sumber air yang ada di atas bumi Allah SWT ini,sehingga dikatakan juga bahwasanya air hujan itu merupakan rahmat Allah SWT bagi semesta alam.Secara dalil ada banyak ayat dalam alquran menjelaskan tentang turunnya hujan,salah satunya firman allah dalam suroh an-nahl:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

هُوَ الَّذِيْۤ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَآءِ مَآءً لَّـكُمْ مِّنْهُ شَرَا بٌ وَّمِنْهُ شَجَرٌ فِيْهِ تُسِيْمُوْنَ.

"Dialah yang telah menurunkan air (hujan) dari langit untuk kamu,  sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuhan, padanya kamu menggembalakan ternakmu."

(QS. An-Nahl 16: Ayat 10)

dan masih banyak ayat-ayat lain dalam (QS. Al-Baqoroh 2: ayat 164),(QS. Al-Furqon 25: ayat 48), (QS. An-Naml 27: ayat 60) Dll. Semua ayat-ayat ini menjelaskan tentang manfaat dari turunnya hujan dalam kehidupanu, umat manusia.


Namun,jika hujan itu sendiri turun secara berkesinambungan yang bisa saja mengakibatkan,seperti banjir,longsor dan lain sebagainya,tentu ini bukan lagi rahmat,melainkan ini adalah bencana.

Sebagai umat muslim kita harus bisa memahami ayat-ayat allah SWT ini dengan baik dan benar,agar tidak terjadi kesalahan dalam  memaknai ketentuan dari sang pencipta alam semesta ini,amin.

Pembaca sekalian yang di rahmati allah SWT...

Rosulullah pernah mengajarkan sebuah doa kepada sahabatnya melalui haditsya yang diriwayatkan Imam Bukhori:

اللهم حوالينا ولا علينا, اللهم على الآكام والجبال والظراب وبطون الأودية ومنابت الشجر.

"Allaahumma hawalainaa Walaa 'alainaa, Allaahumma 'alal aakaami waljibaali wazzhoroobi wa butuunil audiyati wa manaabitissyajari"

artinya: ya allah turunkan lah hujan disekitaran kami saja dan jangan memudharatkan kepada kami. ya allah turunkan lah hujan kepada dataran-dataran tinggi, bukit-bukit, perut-perut lembah dan tempat-tempat tumbuh pepohonan.

Doa ini boleh dibaca ketika hujan lebat turun berkesinambungan serta timbul rasa takut akan membahayakan dan bisa menimbulkan bencana.

Sebagai kesimpulan dari ayat -ayat tersebut,maka benar adanya bahwa hujan itu merupakan rahmat dari allah SWT dan ketika timbul rasa khawatir di saat hujan turun berkesinambungan sehingga bisa saja menimbulkan bahaya, bencana dari perbuatan manusia itu sendiri maka kita baca doa tersebut agar kita terhindar dari bahaya dan bencana tersebut.

Sekian, wallahu a'lam bisshowab. Semoga bermanfaat.

(Disarikan oleh Novis Satria)