KPU Pasaman Barat, menetapkan Hamsuardi dan Risnawanto Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat Terpilih 2020. -->

KPU Pasaman Barat, menetapkan Hamsuardi dan Risnawanto Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat Terpilih 2020.

Friday, 22 January 2021


Pasaman Barat, ARN - KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Pasaman Barat menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat Tahun 2020 di Hotel Guchi Simpang Ampek, Pasaman Barat, Jumat (22/1). Turut hadir antara lain Polres Pasaman Barat, TNI, Kejaksaan dan pasangan Bupati - Wakil Bupati terpilih, H. Hamsuardi dan Risnawanto. 

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pasaman Barat terpilih Hamsuardi- Risnawanto di dampingi Komisioner dan Anggota KPU Pasaman Barat.


Pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat dan menggunakan 3M.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rabu 20 Januari 2021, Komisi Pemilihan Umum (KPU), sudah menerima Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Mengacu pada PKPU 19 tahun 2020, pihak yang diundang itu (semua) pasangan calon, semua partai politik pengusung, kemudian Bawaslu,” terang Komisioner KPU Al Haris kepada media ini. 

Rapat Pleno KPU Terbuka, penetapan Calon Bupati dan wakil Bupati, Kabupaten Pasaman Barat Terpilih di Hotel Gucci.


Kemudian, baik partai politik maupun pasangan calon dilarang memberikan dukungan yg berlebihan Karna ini acara penetapan yg nantinya menimbulkan perselisihan, baik sebelum maupun sesudah acara penetapan pasangan calon.

"Kita tetap mengacu pada PKPU 13 tahun 2020 terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak ditengah pandemi. Maka tidak boleh atau dilarang partai politik maupun pasangan calon itu membawa massa pada penetapan pasangan calon,” jelas Al Haris.

Dengan terselenggaranya Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, H. Hamsuardi dan H.Risnawanto ini, mudah-mudahan nantinya lancar hingga pelantikan nanti.

Ketua KPU Kabupaten Pasaman barat Al haris mengatakan setelah melaksanakan beberapa rentetan acara dalam rangka pemilihan pasangan calon bupati dan wakil bupati Pasaman barat mulai dari penerimaan dan pendaftaran pasangan calon dan rekapitulasi sampai dengan kegiatan hari ini penetapan pasangan calon terpilih.

KPU Pasaman barat menetapkan Pasangan calon bupati dan wakil bupati Pasaman barat terpilih H. Hamsuardi Dan H Risnawanto Dengan perolehan suara sebanyak 56.550 suara atau 31.49% dari jumlah suara sah.

Untuk agenda selanjutnya KPU kabupaten Pasaman barat akan mengirimkan berita acara kepada DPRD dan pemerintah daerah Pasaman barat.

Untuk pelaksanaan pelantikan bupati akan dilakukan di pusat ibukota provinsi Sumatera Barat dan KPU masih menunggu teknis pelaksanaan pelantikan.[]

*Hakimi*