Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP USU, melakukan Beberapa Pencegahan Untuk Menghadapi Covid-19 -->

Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP USU, melakukan Beberapa Pencegahan Untuk Menghadapi Covid-19

Sunday, 17 January 2021


Seorang Mahasiswi praktikum jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial  FISIP USU Bernama Sani Viena Italiana Ujung dibawah bimbingan Bapak Husni Tamrin S.Sos,MSP yang melaksanakan praktikum di Kelurahan Batang Beruh di Jalan Pelita No. 12 Kecamatan Sidikalang . Kegiatan PKL dilakukan kurang lebih 3 bulan , diawal bulan September dan berakhir pada bulan Desember. 

Mahasiswa FISIP USU


Penyakit virus corona (Covid-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru-baru ini ditemukan, sebagian besar orang yang tertular Covid-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih dengan penanganan khusus yang maksimal.

Kegiatan yang dilakukan Praktikan selama melakukan PKL kurang lebih 3 bulan adalah :Membagikan masker secara gratis kepada masyarakatMembantu dalam melakukan spray disinfektan 

Melakukan sosialisasi mengenai Covid-19 kepada masyarakat yang berada di Kelurahan Batang Beruh. Membuat poster cara mencuci tangan yang baik dan benar.Mendata dan membagikan masyarakat yang mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT).

Pencegahan covid 19, oleh mahasiswa FISIP USU, di tengah masyarakat.


Berdasarkan hasil observasi dan assesmen yang dilakukan oleh praktikan selama 3 bulan sejak awal September , memiliki beberapa kendala yang menyebabkan masyarakat banyak yang tidak setuju dengan program yang dilakukan oleh pemerintah dikarenakan masyarakat tersebut menganggap bantuan yang diberikan tidak sesuai dengan penerima bantuan tersebut. Dan masih banyak masyarakat yang masih malas menggunakan masker. 

Hal ini menjadi alasan Sani Viena Italiana Ujung untuk melakukan Kegiatan selama berjalannya kegiatan PKL dan melakukan beberapa pencegahan untuk menghadapi pandemi Covid-19 dikelurahan Batang Beruh Kecamatan Sidikalang yang dibantu oleh beberapa Lurah dan Staff yang berada di Kelurahan Batang Beruh. Dalam melaksanakan program kegiatan yang berada di tempat PKL, Sani Viena Italiana Ujung dan  staff yang berada di Kelurahan Batang Beruh memberitahu kepada semua masyarakat yang berada di Kelurahan tersebut untuk menggunakan masker.

Selain menggunakan masker , praktikan juga melakukan kegiatan dengan membuat tempat cuci tangan selama pandemi Covid-19 di Kelurahan Batang Beruh serta mengajak bagaimana cuci tangan yang benar kepada masyarakat dan sengaja membuat Poster cara mencuci tangan sesuai anjuran WHO di Kelurahan tersebut.  Untuk menghindari Virus ini masyarakat juga dianjurkan untuk menjaga jarak dari kerumunan masyarakat, memakan makanan yang bergizi dan menjaga daya tahan tubuh serta melakukan olahraga untuk menjaga kekebalan tubuh .

Selain itu program yang dilakukan adalah program inovasi karena Program inovasi merupakan’’ sebuah ide , gagasan. Ojek , dan praktis yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok tertentu untuk diaplikasikan atau pun diadopsi”

Selanjutnya Program inovasi yang dilakukan adalah dengan mendata beberapa rumah yang berada Dikelurahan tersebut untuk dilakukan spray disinfektan dibeberapa rumah masyarakat yang berada di kelurahan tersebut , Spray yang dilakukan dengan menggunakan alat spray juga memakai APD ( Alat perlindungan Diri) yang maksimal seperti husmate, masker , sarung tangan, dan membawa hand sanitizer untuk dipakai selama melakukan Spray .Spray dilakukan juga di jalan raya dan taman-taman yang biasa dikunjungi oleh masyarakat. 

Setelah melaksanakan Kegiatan selama berjalannya Praktikum banyak sekali dampak yang terjadi seperti dampak positivenya ialah  masyarakat yang berada di kelurahan  tersebut lebih menjalankan dan sadar akan pentingnya menjaga diri sendiri ,,sedangkan dampak negativenya ialah masih ada beberapa masyarakat yang tidak mempercayai akan adanya virus Corona dan tidak mengikuti kegiatan yang dilakukan praktikan selama melakukan kegiatan PKL. 

Tahap terakhir dalam melakukan PKL ini adalah tahap terminasi , program terminasi dilakukan dengan cara melakukan perpisahan secara kecil-kecilan kepada Staff yang berada di Kelurahan tersebut .