Mengembangkan Potensi Perikanan di Pesisir Selatan, PT. Efishery Menyediakan Bantuan Pakan -->

Mengembangkan Potensi Perikanan di Pesisir Selatan, PT. Efishery Menyediakan Bantuan Pakan

Saturday, 30 January 2021


Pesel ARN..Potesi peternakan ikan air tawar di Sungai Sariak, Kenagarian Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Pessel terlihat menjanjikan. Hal ini dibuktikan bertambahnya kolam yang dilakukan oleh masyarakat.

Jenis-jenis ikan yang dibudidayakan oleh masyarakat adalah ikan nila.

PT EFishery, bersama PEKAT-IB Pessel.


"Setiap rumah itu memiliki paling sedikit 3-4 kolam ikan. Rencananya kami akan membudidayakan ikan lele dan ikan air tawar lainnya." Jelas Agustian, selaku ketua kelompok perikanan Solok Sentuka, Sungai Sariak.

Namun, akibat diterjang banjir, beberapa kolam budi daya mengalami kerugian.

"Untuk kendala, hanya permodalan dan bencana alam. Karena kondisi lokasi yang dikelilingi perbukitan hingga bencana banjir dan longsor menjadi ancama utama." sambungnya.

Menanggapi hal ini, PT. Efishery menyediakan bantuan pakan. 

"Kami menyediakan bantuan dalam bentuk pakan, yang nantinya dibayar setelah panen," terang Danu, marketing wilayah Sumatera Barat. 

Tim dari PT. Efishery akan meninjau lokasi budi daya, melihat kondisi ikan dan kendala-kendala yang dialami oleh peternak. 

Jika pembudidaya setuju dan memiliki integritas, PT. Efishery akan mengeluarkan bantuan dalam bentuk pakan. Syarat untuk mendapatkan bantuan tesebut, yaitu, memiliki kolam ikan air tawar, lalu menyerahkan foto copy KTP dan Kartu Keluarga. 

Kerjasama ini didampingi juga oleh ormas PEKAT-IB DPK Bayang yang diwakili oleh sekretaris Supardi dan Bamus nagari Sungai Sariak Lumpo, Mulyadi. 

Jika terjadi gagal panen akibat bencana alam, pakan ikan yang telah diberikan tidak akan ditagih.

"Kami akan meninjau dan melakukan sosialisasi setiap bulan kepada pembudidaya," tutup Danu

(Dilaporkan oleh Bima)