Ormas PEKAT-IB Pessel Kecamatan Sutera Bersama Warga Lakukan Goro, Membersihkan Material Longsor -->

Ormas PEKAT-IB Pessel Kecamatan Sutera Bersama Warga Lakukan Goro, Membersihkan Material Longsor

Sunday, 10 January 2021


Pesisir Selatan (AndalasRayaNews.com) - Banjir yang melanda Kecamatan Sutera pada Sabtu (9/1) mengakibatkan akses jalan, perekonomian, dan penddidikan lumpuh total. Tepatnya di kenagarian Gantiang Mudiak.

Pengurus PEKAT-IB
Pengurus PEKAT-IB


Tercatat ada 4 titik longsor yang parah, yaitu: Bukit Asam, Bukit Manggih, Bukit Ambacang, dan Ayia Nuriang.

Keempat titik longsor tersebut mengakibatkan masyarakat tidak bisa melakukan aktivitas keseharian, seperti bertani dan ke pasar. Selain itu akses pendidikan anak dan kesehatan desa juga menjadi imbas macet total.

Warga sedang melintasi jalan yang longsor.
Warga sedang melintasi jalan yang longsor.


Sedangkan jembatan yang putus tepat berada di kenagarian yang menghubungkan antara Langgai-Kayu Aro sudah 2 hari ini masyarakat menyingkirkan beberapa sisa jembatan yang patah dengan alat seadanya.

Hasil kunjungan ormas PEKAT-IB Pessel di beberapa kenagarian yang memang jauh tersebut, ternyata kerusakan yang terjadi akibat longsor memang cukup parah. Terlihat beberapa masyarakat bergotongroyong membersihkan jalan yang tertutup lumpur. 

Tim dari DPK Sutera PEKAT-IB Pessel pun turut serta bahu membahu bersama masyarakat agar dapat meminimalisir lumpur yang menutupi badan jalan.

Salah satu titik longsor.
Titik Longsor.

Sejauh ini, hasil pantauan ormas DPK Sutera PEKAT-IB Pessel, daerah tersebut memang sangat jauh dari pusat kecamatan, dan mencoba mendiskusikan bersama warga terkait apa saja yang mereka butuhkan sambil melakukan gotong royong.

Sementara itu, dari pihak kenagarian dan juga Kecamatan Sutera masih mendata beberapa akses jalan serta jembatan yang rusak juga beberapa rumah warga yang diterjang banjir. Hingga hari ini belum ada laporan kerugian yang tercatat.

(Dilaporkan oleh Sulthan)