Pesantren Tahfidzul Qur'an Nurul Azmi Siap Lahirkan Siswa/ Santri Menjadi Generasi Islam Yang Tangguh -->

Pesantren Tahfidzul Qur'an Nurul Azmi Siap Lahirkan Siswa/ Santri Menjadi Generasi Islam Yang Tangguh

Tuesday, 19 January 2021


Medan, Andalas Raya News..18/1/2021, Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam menentukan nasib suatu kaum pada umumnya, selain pendidikan, faktor interen keluarga juga menjadi salah satu penyokong dalam melangsungkan pendidikan untuk para anak di usia nya. Di sebuah kelurahan tepatnya  jalan rawe IX kec. Medan labuhan kota medan telah  berdiri Sebuah Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Azmi. 

Guru dan Santri Tahfidzul Qur'an, Nurul Azmi.

Di samping itu, Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Azmi tergolong masih muda, dalam keterangannya Bapak H. Mahmud Saleh Dzakaria, M.A dan Bapak Muhammad Nasir memaparkan bahwa  Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Azmi didirikan pada bulan Agustus tahun 2017 dengan jumlah santri hanya sejumlah 27 orang. adapun pondok pesantren ini dahulu hanya sekedar sebuah rumah mengaji biasa,  namun melihat minat anak –anak tersebut yang mempunyai keinginan yang besar untuk belajar, maka kami memiliki ide dan  berinisiasi mendirikan sebuah pondok pesantren. Ungkap Ustad Mahmud pada media. 

Selain itu, Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Azmi memiliki 2 jumlah sekolah di antara lain : 1.Sekolah Tahfiz dengan  metode sabak,sabki, manzil ( menambah dan menyetor hapalan) dengan sesi pertama jam belajar 4:30 wib – 10:00 wib dan sesi kedua 19:30-22:00 wib. 2.Sekolah Depaq (Mts dan Ma) mulai jam 13:00-16:30 wib mata pelajaran mengikuti kurikulum Depaq jurusan PAI(Pendidikan Agama Islam) 3.Di tambah Ekstra Kulikuler .

Bapak H. Mahmud Saleh Dzakaria, M.A dalam keterangannya juga mengatakan bahwa Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Azmi ini memiliki Visi diantaranya, menciptakan dan melahirkan Hafiz Qur’an dan Fakih dalam agama(memahami agama dengan benar) dan pembinaan kepribadian islami. Tuturnya. 

Selain itu Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Azmi juga menerapkan program-program unggulan agar bisa menciptakan para santri sesuai dengan visi dari Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Azmi di antaranya :  1.Program Tahfiz yaitu antara lain dalam jangka waktu 3 Tahun santri sudah bisa Hafiz Qur’an, 3 Tahun sudah Bisa berbahasa Arab dan 3 Tahun sudah Bisa membaca kitab-kitab arab. 2.Program Pembinaan Kepribadian ilsami yaitu dengan menerapkan kepada anak-anak peserta didik agar bisa memiliki, memahami, dan menerapkan nilai islam  seperti aqidah tauhid yang lurus  serta ibadah yang benar sesuai dengan tuntunan al-qur’an dan hadist, serta berkakhlak mulia dan memiliki kemandirian. 

Namun demikian, Bapak H. Mahmud Saleh Dzakaria, M.A juga menjelaskan bahwa sumber dana utama dalam aktifitas pembelajaran di Pondok Pesantren ini bersumber dari para donatur yang sifatnya tidak mengikat, selain itu dari uang SPP para peserta didik dan wakaf dari para wali santri. Tuturnya. 

Terkait untuk penerima’an santri di tahun 2021 ini Bapak H. Mahmud Saleh Dzakaria, M.A juga menerangkan bahwa hanya memiliki batas Quota Santri Sejumlah 90 orang dan tetap mengikuti tes seleksi sesuai dengan syarat penerimaan santri di pondok pesantren tahfidzul nurul azmi. Tegasnya  

Di samping itu perkembangan  infrastruktur  pesantren di tahun 2021 yang inysa allah akan mendirikan asrama putra dan putri seiring dengan perkembangan para santri yang ada. Yang sangat membutuhkan uluran tangan dari donatur yang ada dan yang bersifat tidak mengikat , dan apablia ada dermawan  yang ingin berwakaf untuk Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Azmi bisa langsung kirim ke rekening   1042815728 BRI SYARIAH (YWF TAHFIDZUL QURAN NURUL AZMI )   ucapnya Bapak H. Mahmud Dzakaria M.A 

Lebih lanjut, Bapak H. Mahmud Dzakaria M.A mengatakan bahwa Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Azmi kedepannya akan  menjadi lembaga pendidikan islam yang berkualitas sehingga  menjadikan para peserta didik memiliki aqidah yang baik, hafalan yang bagus dan kemandirian sehingga melahirkan generasi islam yang tangguh untuk 10-15 Tahun ke depan nya sehingga bisa berKontributor dalam menciptakan pemimpin bangsa ke depannya. tegasnya (M.K.Imam)