Tape Ubi Gemilang upaya tingkatkan semangat belajar Anak Nagari dalam Meraih Prestasi di tengah Pandemi -->

Tape Ubi Gemilang upaya tingkatkan semangat belajar Anak Nagari dalam Meraih Prestasi di tengah Pandemi

Tuesday, 19 January 2021


Lembah Melintang,ARN-Gerakan Mahasiswa Lembah Melintang (GEMILANG) mengadakan acara penutupan Tangan Peduli untuk Berbagi Ilmu (TAPE UBI) dengan tema "Barsama Gemilang Tingkatkan Semangat Anak Nagari Meraih Prestasi" pada Minggu (17/01/2021). 

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja GEMILANG, khususnya divisi Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka meningkatkan kualitas dan fasilitas pendidikan melalui kegiatan motivasi yang diberikan serta mengambil peran guna meningkatkan semangat belajar sebagai bentuk kepedulian akan dunia pendidikan.Melalui kegiatan motivasi yang di berikan Gerakan mahasiswa lembah melintang kepada peserta didik oleh Gerakan Mahasiswa Lembah Melintang kepada peserta didik di jorong Situak Barat. Pada kegiatan ini terjadi pembauran antara mahasiswa dengan peserta didik agar bisa berinteraksi lebih dekat untuk menumbuhkan rasa semangat dan motivasi belajar.

Siswa dan Kadis Pendidikan Pasbar, Marwazi beserta Organisasi Mahasiswa Gemilang.


Teknis pelaksanaan TAPE UBI (Tangan Peduli Untuk Berbagi Ilmu) diadakan sebanyak tiga kali pertemuan. Yang pertama pembukaan pada Senin (4/01/2021) yang dilaksanakan di Roba Julu yang dibuka langsung oleh Bapak Camat Lembah Melintang, Drs. Afwan, MM. dan  juga dihadiri oleh KaDis Pendidikan. Pada pertemuan kedua  dilaksanakan di Rojang. Pada hari kedua ini diisi dengan kegiatan motivasi meraih prestasi, dengan menghadirkan pemateri Dewi Silvia Putri, merupakan salah satu mahasiswa Pasaman Barat.Lebih lanjut, pertemuan ketiga sekaligus menutup acara secara resmi dilaksanakan di Kampung Tengah, Situak Barat pada Minggu (17/01/2021). 

Agung Fio Marisginta Mtd Ketua Gemilang, Sekjen dan Bendum, Camat Lembah Melintang beserta PJ Wali Nagari Ujung Gading.


Kegiatan ini ditutup oleh Jorong Situak Barat, Bapak Amril. Dalam pidato penutupannya, Beliau selaku Kepala Jorong menyampaikan terima kasih atas kesediaan GEMILANG menyelenggarakan acara TAPE UBI yang harapannya dapat memotivasi dan memancing semangat anak-anak di Situak Barat dalam berliterasi dan menuntut ilmu. "Harapannya, semoga setelah tamat SD, anak-anak kami di Situak Barat ini lanjut ke SMP, SMA, hingga ke Perguruan Tinggi seperti kakak-kakak mahasiswa GEMILANG ini," papar Beliau.

Dengan kegitan ini diharapkan meningkatkan semangat dan motivasi belajar peserta didik dalam menuntut ilmu untuk meraih cita-cita mereka. 'Harapan kami dengan adanya bauran antara peserta didik dengan mahasiswa dapat meningkatkan rasa peduli untuk berbagi ilmu kepada sesama dan harapannya pemerintah bisa melihat antusias peserta didik yang ada di Situak Barat dalam menuntut ilmu," kata Khairul Wahidi, ketua panitia TAPE UBI (Tangan Peduli untuk Berbagi Ilmu), Minggu (17/01/2021).

Menurut Agung Fio Marisginta Mtd selaku ketua Umum Gerakan Mahasiswa Lembah Melintang, dengan adanya kegiatan ini diharapkan semoga peserta didik di Situak Barat mendapat fasilitas yang memadai mengingat minimnya akses pendidikan yang sulit dijangkau oleh pemerintah, semoga harapannya peserta didik bisa merasakan merdeka belajar.[](Uswatun Hasanah)

Di Laporkan oleh : Novis Satria