Terkendala Cuaca Buruk, Evakuasi Pendaki Gunung Talamau Pasbar Dihentikan Sementara -->

Terkendala Cuaca Buruk, Evakuasi Pendaki Gunung Talamau Pasbar Dihentikan Sementara

Friday, 1 January 2021

Proses menuju evakuasi


Simpang Ampek, ARN- Dua pendaki asal Jambi yang  yang mengalami hipotermia di Gunung Talamau belum dapat dievakuasi sebab terkendala cuaca buruk, mengutip sebagaimana disampaikan Ketua Kelompok Pecinta Alam Artatala Pasaman Barat , Ruswar Dedison. Derasnya hujan  mengguyur kawasan Talamau, menjadi penyebabnya. 

Korban Suhendri dievakuasi oleh tim gabungan Pencarian dan Pertolongan Padang Pos Pasaman. Sedangkan korban Urip dievakuasi oleh tim Pos Jaga Janjang Seribu dan Kelompok Pecinta Alam serta Geopark Talamau. Kedua tim penyelamat tersebut telah berhasil mengupayakan pertolongan kepada kedua pendaki yang nahas tersebut. 

Korban Urip sampai berita ini diturunkan, telah dievakuasi di Pos 1 di ketinggian 700 mdpl, dengan cara digotong atau digendong secara bergantian. 

Sementara di Pos 2 di ketinggian 1.600 mdpl, karena tertahan hujan yang begitu deras, korban Suhendri bersama tim gabungan Pencarian dan Pertolongan Padang Pos Pasaman tertahan dan tidak dapat melanjutkan.

Gunung Talamau.


Disamping itu tim penyelamat menjelaskan  kondisi di lapangan belum memungkinkan untuk melanjutkan evakuasi karena faktor hujan yang cukup deras.

"Rencananya besok pagi kami akan lanjutkan evakuasi," ungkap Ruswan Dedison. 

"Namun sekali lagi kita sampaikan, kedua pendaki ini bukan cidera melainkan karena kedinginan yang berlebihan yang menyerang ketika hendak naik," ujar Ruswan Dedison lagi.

"Kedua korban bukan tergelincir, mereka mengalami Hipotermia di ketinggian 1600 mdpl sebab tidak tahan terhadap cuaca yang ekstrim selama pendakian," pungkas Ruswan Dedison mengakhiri. []