Zeny Izma Cahaya Putri Pratiwi: Laksanakan Lingkungan Bersih Guna Mencegah Bertambahnya,Pandemi di Panti, -->

Zeny Izma Cahaya Putri Pratiwi: Laksanakan Lingkungan Bersih Guna Mencegah Bertambahnya,Pandemi di Panti,

Thursday, 14 January 2021


Nama : Zeny Izma Cahya Putri Pratiwi 

Dosen / Supervisor : Randa Putra S. Sos, M. Kesos 

Medan,13/1/2021 kebersihan lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti debu,  sampahdan bau yang tidak sedap. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, malaria, muntaber dan lainnya apa lagi di masa Pandemi Covid 19 ini. Tidak hanya di bidang kesehatan, kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan yang nantinya bermuara pada kedamaian. Semua ini dapat kita raih dengan melakukan perbuatan kecil dan sederhana, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. 

Kegiatan Bersih di Panti


Atas dasar inilah, Zeny Izma Cahya Putri Pratiwi Nim 17090202 Praktikum 1 Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara yang disupervisori oleh Bapak   Randa Putra S. Sos, M. Kesos  melakukan inisiatif berupa program edukasi kreatif tentang pandemic Covid-19 kepada anak Panti Asuhan Al – MARHAMAH yang berAlamat : Jln . Garuda No .2. Sei Sikambling B, Medan Sunggal , Kota Medan , Sumatra Utara 20122. 

Tak lupa pula, Zeny Izma Cahya Putri Pratiwi memaparkan bahwa dalam rencana kegiatan kebersihan lingkungan di Panti Asuhan Al – MARHAMAH yang ia gagas ini akan di lakukan selama kurang lebih 3 bulan ini antara lain : 1.Menyapu halaman 2.Membuang sampah 3.Dan setiap sore nya menyiram bunga dan Pohon 4.Menata taman dan mencabut rumput 5.Menanam pohon dan sayur-sayuran 6.Menegepel dan menjaga kebersihan halaman 

Adapun kegiatan ini dilakukan 3 hari dalam 1 minggu. Ungkap nya “zeny” Dalam kegiatan ini, zeny juga berharap bisa memperoleh output dari penerapan lingkungan bersih ini seperti 1.Kedisiplinan anak-anak panti asuhan semakin terjaga. 2.Meningkatkan rasa kecintaan anak-anak panti terhadap lingkungan yang bersih 3.Mampu menjaga, memperhatikan dan merawat pohon-pohon yang ada di sekitarnya 4. Mampu menanam pohon yang tentunya bisa menjadi sumber penghasilan baru dan bisa di konsumsi untuk anak-anak di panti.

Pengurus dan anak panti.


Dalam wawancara nya zeny juga memaparkan bahwa selain dari pada itu, Selain itu anak-anak panti juga bergoyong royong dalam seminggu sekali untuk membersihkam selalu ruangan panti dan yang paling utama taman agar selalu kelihatan bersih dan terurus sehingga tamann buah”an dan sayuran terawat , dalam seminggu sekali juga saya dan anak”panti menambahin pohon”buah dan menanbahin juga sayur”an seperti pohon buah mangga , jeruk , jambu , dan rambutan dan kalo sayur” an nya seperti kangku , bayam , terong. Ungkapnya. 

Di sela-sela kegiatan, Bapak. Syahrial S,ag selaku penanggung jawab panti menegaskan, bahwa kehadiran mahasiswi FISIP USU Dalam kegiatan dan program nya yang di komandoi oleh zeny sangat berpengaruh besar terhadap anak – anak panti Disni, dimana mereka semakin bersemangat dalam melaksanakan kegiatan  di ruang lingkup panti di tengah-tengah masa pandemi covid 19 ini, ujar Pak Syahrial. 

Bapak Syahrial S,ag juga berharap kedepannya para mahasiswa bisa membrikan inovasi terbaru bagi masyarakat dan khususnya untuk para adik-adik yang tinggal di panti asuhan al-marhamah. Ungkapnya 

Di akhir kegiatan, Zeny juga berharap kepada adik-adik di panti  tetap menjaga  komitmen nya dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dan bisa meneruskan program yang ia gagas di panti asuhan ini. Ucap zeny 

kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif seperti meningkatkan pengetahuan anak-anak panti asuhan tentang hidup di lingkungan bersih guna mencegah wabah covid 19 ini dan pentingnya hidup sehat menjaga kebersihan diri serta lingkungan sekitar, menanamkan nilainilai moral anak, seperti kejujuran dalam bertingkah laku (*)