Baitul Arqam Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Pasaman Barat Ajang Konsolidasi dan Pemerkuat Organisasi -->

Baitul Arqam Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Pasaman Barat Ajang Konsolidasi dan Pemerkuat Organisasi

Saturday, 13 February 2021

Paraman Ampalu, ARN - SEBAGAI sebuah organisasi pemuda yang besar dan berpengaruh, Pemuda Muhammadiyah  diharapkan selalu siap dalam menghadapi aral rintangan dan tantangan dalam rangka berperan serta membangun bangsa dan masyarakat Indonesia. Apalagi nama besar Muhammadiyah yang melekat kepadanya merupakan amanah yang sepatutnya ditanggungjawabi serta dijunjung tinggi segenap pimpinan dan anggotanya dari tingkat Pusat hingga ke Ranting di daerah. Atas dasar pemikiran demikian, diadakan kegiatan Baitul Arqam Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Pasaman Barat di komplek perguruan Muhammadiyah Paraman Ampalu Kecamatan Gunung Tuleh, Pasaman Barat Jumat (12/2) sd Sabtu (13/2). Baitul Arqam Pimpinan ini mengambil tema "Memperkuat Ideologi dan Kepemimpinan Pemuda Muhammadiyah untuk mewujudkan Generasi Emas Pasaman Barat."

Peserta Baitul Arqam Pimpinan PDPM Pasbar foto bersama dengan Pimpinan PDM Pasbar dan utusan PWPM Sumatera Barat


Pasca Musyawarah Daerah Pemuda Muhammadiyah Pasaman Barat yang digelar beberapa waktu yang lalu, sebelas orang Formatur terpilih bergerak cepat menjalankan amanat Musyawarah Daerah yakni memilih dan menyusun struktur organisasi baru organisasi menggantikan pimpinan daerah periode sebelumnya yang habis masa tugasnya serta dinyatakan demisioner.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya oleh media ini (baca: Rahmat Hidayatullah )  sebelas Formatur tersebut bersepakat menyerahkan tampuk Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Pasaman Barat periode 2018 - 2021 kepada Rahmat Hidayatullah. Sedangkan Sekretaris dan Bendahara masing-masing dijabat oleh Ahmad Mulis dan Rahmat Hendrix. 

Proses suksesi di tubuh Pemuda Muhammadiyah Pasaman Barat terus berlanjut. Tiga pimpinan terpilih hasil rapat Formatur, bersama anggota Formatur lainnya kemudian membentuk struktur organisasi yang terdiri dari Wakil Ketua 13 orang, Wakil Sekretaris 13 dan Wakil Bendahara 3 orang. Menurut draf SK yang disiapkan tercatat 32 orang yang tergabung dalam struktur organisasi Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Periode 2018 - 2021 yang kemudian diusulkan kepada Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat untuk disahkan. 

Rahmat Hidayatullah menyerahkan sertifikat penghargaan pemateri kepada Thamrin KN Ketua PDM Pasbar


"Sebelum dilakukan pengesahan Surat Keputusan (SK) dan pelantikan, calon Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah diharuskan untuk mengikuti Baitul Arqam Pimpinan guna menguatkan dan menambah wawasan pengetahuan para calon pimpinan daerah ini terkait manajemen organisasi Pemuda Muhammadiyah, dinamika politik dan tentu memperdalam kajian Kemuhammadiyahan," ujar Kaslan, S.PSi, Wakil Ketua Bidang Sosial, Budaya dan Kearifan Lokal Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat yang membuka acara mewakili Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat. 

"Tujuan Pelaksanaan Baitul Arqam Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Pasaman Barat adalah syarat untuk calon pimpinan dan untuk mengorbitkan kader.  Dengan tema "Memperkuat Ideologi dan Kepemimpinan Pemuda Muhammadiyah untuk mewujudkan Generasi Emas Pasaman Barat," ujar Rahmat Hidayatullah yang diwawancarai wartawan ARN di lokasi acara. 

"Saya berharap kepada seluruh kader Pemuda Muhammadiyah Pasaman Barat, mari kita mengedepankan kebersamaan dan soliditas dan mulailah ciptakan ruang bersama sebagai tempat tumbuhnya para kader serta medium bersama guna menanam dan menyemai gagasan," imbuh Rahmat Hidayatullah dengan semangat. 

"Saya mengajak seluruh kader untuk menjadikan Pemuda Muhammadiyah sebagai rumah tempat saling berkolaborasi,  mengimplementasikan visi misi bersama, Membangun soliditas Gerakan Dakwah yang Berintegritas dan Berkemajuan," pungkasnya lagi. 

Baitul Arqam Pimpinan yang diselenggarakan PDPM Pasaman Barat ini sendiri terselenggara dengan kerjasama banyak pihak antara lain Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pasaman Barat, Aisyiyah Pasaman Barat dan Paraman Ampalu Nasyiatul Aisyiyah Pasaman Barat dan Paraman Ampalu serta Ikatan Pelajar Muhammadiyah. 

Materi pembelajaran disajikan oleh pemateri yang berkompeten baik dari PDM Pasaman Barat maupun dari profesional seperti KPU Pasaman Barat dalam materi Pengawasan dan Pelaksanaan Pemilu, Abror Lisman, M.AP dari Dinas Sosial Pasaman Barat dan Ahmad Hanif, S.IP materi  Peran Pemuda dalam menghadapi pandemi Covid-19 serta Izwaryani, S.Ag yang bicara tentang Ideologi Muyammadiyah. Dalam kegiatan tersebut terlihat hadir unsur pimpinan PDM Pasaman Barat dan Ade Herdiwansyah, ST.M.Perkim, Ketua PDPM Pasaman Barat periode 2014 - 2018 yang kini menjabat sebagai Bendahara PWPM Sumatera Barat.[]

Dilaporkan oleh: Novis Satria