Operasi IIegal Logging di Pasbar Semakin Leluasa, Dinas Kehutanan dan Kepolisian Terkesan Tutup Mata -->

Operasi IIegal Logging di Pasbar Semakin Leluasa, Dinas Kehutanan dan Kepolisian Terkesan Tutup Mata

Monday, 22 February 2021


Pasbar Sumatra Barat..ARN-Pembalakan kayu secara ilegal yang dilakukan oleh tikus tikus yang tak bertanggung jawab menimbulkan kekhwatiran bagi kita semua.

Karena tumbuhan dan kayu kayuan adalah merupakan benda pengikat bumi dan apabila kayu kayuan sudah berangsur habis dan punah Bumi sudah tidak akan mampu lagi bertahan di posisi semula kita hanya menunggu waktu akan kedatangan beragam bencana alam.

Kayu diduga Ilegal.


Bagi kita yang berfikir secara sadar terasa kurang fair keuntungan di manfaatkan oleh segelintir orang sementara kita semua yang akan terkena dampaknya.

Bila di perkirakan berdasarkan yang terlihat secara kasat mata, dan pantauan awak media tak disinyalir lebih dari 100 m3/ hari kayu yang sudah di olah dari Shawmiil siap di antar ke penadahnya tanpa hambatan dan tindakan dari instansi terkait

Dua kecamatan di pasaman barat yang menjadi paling pital jadi cukong ilegal logging, diantaranya Kecamatan Talamau.Kecamatan pasaman,  Shaumill berserakan beroperasi secara bebas 
hal ini menjadi pertanyaan yang belum terjawab.
  
Mengapa para aparat yang punya kewenangan enggan berbuat
padahal tak jarang di setiap harinya minimal 10 becak honda membawa kayu yang siap di Shaumill dengan tenang melintas di jalan raya.

Ketika awak media ARN, mengkonfirmasi, ke kepala staf Kehutanan Resort Pasaman  Cabang Pasaman Barat barat yang bernama Hendra,  mengatakan,kami di sini cuma staf tidak ada kewenangan untuk itu atasan kami ada di lubuk sikaping kami disini bisa menerima laporan masyarakat dan menyurati atasan kami.

Memang kemaren ada dua kami menerima laporan dari masyarakat sudah saya buatkan laporan ke kantor Induk kami, tapi sampai kini belum ada tidakan dari atasan kami, katanya.

Kami tidak punya kewenangan untuk menangkap,yang bisa menangkap hanya Polhut, itu kalau ada perintah dari atasan. sebaiknya bapak lansung ke kantor induk kami di lubuk sikaping jelas hendra lagi.

Saat awak media ARN menghubungi Yudesman dari dinas kehutanan KKPH  Pasraya lewat hp celullernya.
Yudesman menanggapi dengan santai secara jujur yudesman mengatakan memang dulu ada sekali kali kami operasi, tapi kini sudah tak ada lagi 
terimakasih atas imfonya nanti kami tinjau kembali pungkas yudesman.

Itulah lah tanggapan bahasa yang di ucapkan dari seorang petugas kehutanan.
seakan-akan jawabannya tak punya beban dan rasa tanggung jawab apa tugas dan kewajibannya sebagai seorang petugas kehutanan.
Bagaimana mana mungkin ilegal logging bisa di berantas kalau petugas dan stakeholdernya mandul. 

* yulisman*