Selain Menyenangkan, Inilah Manfaat dari Permainan Domino -->

Selain Menyenangkan, Inilah Manfaat dari Permainan Domino

Friday, 26 February 2021

Domino adalah salah satu permainan tradisional yang sangat populer di Indonesia bahkan diseluruh dunia yang dapat merangsang otak serta memerlukan strategi untuk memenangkannya. Permainan domino dapat dimainkan dimana saja (sebut saja di Lopo Mairo). Bahkan sekarang ini permainan domino juga tersedia dalam bentuk digital, baik untuk dimainkan pada komputer maupun pada telepon genggam.

Permainan domino ini biasanya dimainkan oleh 2 ( dua ) orang atau lebih atau maksimal 4 (empat) orang. Dari permainan domino kita tidak hanya dapat bersenang-senang, tapi kita juga dapat mengambil banyak pelajaran untuk kehidupan sehari-hari, seperti dalam permainan domino ini kita terlatih untuk bersungguh-sungguh, berkonsentrasi tinggi, dan juga berani untuk mengambil keputusan. Selain itu,dengan bermain domino ini kita dapat mengasah kemampuan berhitung dan meminimalisir sebuah kegagalan, pemain memikirkan dan mengatur strategi untuk mengalahkan lawan.

Cara bermain domino sebenarnya sangatlah banyak, tergantung daerah masing-masing. Namun permainan domino yang umum dimainkan adalah dengan meletakkan batu domino dengan angka 0-0 atau biasa disebut balak 0 yang dimiliki oleh salah satu pemain, kemudian pemain lainnya menyambung kartu domino dengan menyesuaikan angka yang ada, baik yang dibagian kiri, maupun bagian kanan, sesuai dengan batu yang dimiliki. Bila saat tiba giliran, pemain yang tidak memiliki angka yang sama dengan batu domino yang sudah keluar, maka gilirannya akan dilewati kemudian giliran pindah ke pemain selanjutnya. Selanjutnya permainan berakhir saat ada pemain yang batu dominonya sejumlah tujuh buah telah habis, dan tim tersebut menjadi pemenangnya. Permainan domino dapat juga berakhir saat semua pemain tidak dapat lagi menyambung batu-batu domino tersebut dengan batu yang dimiliki. Biasanya pasangan yang memperoleh angka akhir game sesuai yang ditentukan adalah pemenangnya. 

Selain menyenangkan, permainan domino juga mempunyai manfaat, berikut ini adalah manfaat dari permainan domino yang dimainkan untuk tujuan yang baik:

1. Melatih Daya Ingat

Batu domino memang hanya ada 28 buah, tapi kita harus bisa mengingat batu yang turun dari salah satu pemain; siapa yang tidak memiliki batu tertentu, siapa yang sering menurunkan batu tertentu. Dan terkadang kita juga perlu mengingat bagaimana watak main para pemain lain, baik lawan atau pasangan anda, dan seterusnya.

2. Kerjasama Tim

Bila kita main berpasangan, kita harus bermain sebagai pasangan, bukan sendiri-sendiri. Artinya: kita harus tahu kapan mendukung batu milik kawan, dan kapan harus membunuh batu kawan agar anda bisa habis duluan. Termasuk kalau anda memiliki batu yang cukup bagus untuk menang, tapi teman anda lebih punya peluang untuk habis dan memenangkan tim anda, anda harus rela merusak batu sendiri untuk membantu kawan anda memperoleh angka.

3. Belajar Taktis

Permainan ini bisa membuat kita lupa waktu, karena itu kita harus ingat siapkan rokok, minuman teh telur atau kopsteng, dan cemilan kalau suka, sebelum semua warung di sekitarmu menjadi gelap gulita. (Kalau yang itu saja sudah lupa, bagaimana akan bisa berpikir jernih untuk mengecoh tim lawan?).

Permainan domino ada sangat banyak rumus baku, yang anda bisa lakukan untuk kepentingan taktis. Contohnya, bila anda berhadapan dengan pasangan yang syarat pengalaman, bisa saja dimulai dengan menurunkan batu domino secara sembarangan alias tidak beraturan setelah pura-pura berpikir, paling tidak, taktik ini bisa membuat mereka melongo selama satu atau dua kali putaran, setelah itu mereka pasti sadar dan anda harus sadar kapan saatnya merubah taktik.

4. Menemukan Karakter

Khusus buat yang belum melakukannya, bila anda sedang bingung mencari karakter yang cocok mengisi alur yang sudah lama tertidur di kepala anda, datangilah meja domino, disini anda punya setidaknya tiga pilihan. Anda bisa sebagai pemain atau menjadi penonton, atau main dulu lalu menonton. Dengan menjadi pemain anda bisa bebas memerhatikan gestur, mimik, intonasi, dan candaan khas setiap pemain di meja domino.

5. Belajar Sabar

Kalau anda main domino kadang-kadang anda juga akan berjumpa pemain yang sebelum menurunkan batu terakhirnya punya ritual ini: mendekatkan hidungnya ke meja, menatap lama-lama semua batu domino yang sudah turun, memisah-misahkan tumpukan supaya semua bulatan batu domino bisa terlihat, kemudian mengocehkan semua balak batu domino yang belum turun, lalu kadang menyumpahi satu dua batu yang terbaring pasrah di meja, kemudian menarik napas dalam-dalam, barulah setelah itu dengan lengan tertahan sejenak di udara seperti wasit yang mengeluarkan kartu merah dengan bangga, dia mengempaskan batu dominonya dengan sangat keras sehingga semua batu domino lain berlompatan meninggalkan meja.[]

Penulis: Muhammad Taufik, Pengamat Sosial dan Politik. Tinggal di Silaping, Pasaman Barat

Artikel ini sudah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Selain Menyenangkan, Inilah Manfaat dari Permainan Domino