Talamau Art Festival 2021 -->

Talamau Art Festival 2021

Saturday, 20 February 2021


Simpang Empat, ARN
- Lereng Talamau yang permai. Kemarau tengah berkelindan dengan angin langkisau. Di lapangan terbuka Translok, jorong Timbo Abu, Nagari Persiapan Simpang Timbo Abu Kajai. (STAK) Puluhan pemuda/i tengah mempersiapkan acara pentas seni akbar tahun ini.

Pentas seni yang bertajuk "Lombah Talamau Art Festival 2021" ini, merupakan gagasan beberapa mahasiswa dan pegiat seni asal Nagari STAK. Sebagai satu kecintaan pada seni-budaya yang berkembang di lereng Talamau.


"Pentas seni ini kita harapkan bisa menjadi jembatan silaturrahmi, dengan pegiat seni-budaya lainnya di Pasaman Barat," ucap Bima, mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, yang juga merupakan salah seorang penggagas acara ini.

Sementara itu, ketua panitia acara, Vinaldo Halim, yang juga merupakan masiswa Unand. Berharap acara ini bisa menjadi wadah bagi pegiat seni yang lain. Bukan hanya Talamau, tetapi Pasaman Barat dan Sumatra Barat. Diharapkan acara seperti ini bisa menjadi agenda tahunan.

Selain itu, acara pentas seni Talamau Art Festival 2021, adalah bentuk lain dari cara merawat kesenian yang ada. Dalam acara ini panitia juga akan memberikan apresiasi/penghargaan kepada pegiat dan pelaku seni di Nagari STAK.

Di tempat berbeda, kepala jorong Timbo Abu, Ramli Rasyid, mengatakan. "Gagasan dari anak muda dan pegiat seni ini, semoga menjadi moment yang akan ditunggu masyarakat di tahun-tahun berikutnya."

Adapun talent yang akan ditampilkan dalam pentas seni Talamau Art Festival 2021, di antaranya: Diki rebana, Ronggiang, Tari Carano, Silek, Tari Kontemporer, dll. Yang mana pengisi acara merupakan komunitas seni yang ada di Nagari STAK, Nagari Talu, juga beberapa komunitas dari Padang dan Bukit Tinggi.

Acara yang direncanakan dibuka oleh eks Bupati Pasaman Barat ini, semoga berjalan lancar sesuai rencana. Terima kasih dukungan dari semua pihak, mari memasyarakatkan seni ke tengah masyarakat itu sendiri.[•JP•]