Tamat SLTP Ingin Melanjutkan ke Jurusan Teknik Sepeda Motor, Mendaftar di SMK TI ZAMIGA -->

Tamat SLTP Ingin Melanjutkan ke Jurusan Teknik Sepeda Motor, Mendaftar di SMK TI ZAMIGA

Thursday, 18 February 2021

 

 

Pasaman Barat, andalasrayanews.com----- Bagi anda tamatan SLTP baik SMP/MTs se derajad khususnya di Pasaman Barat (Pasbar) yang ingin melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), salah satu pilihan yang tepat adalah mendaftar di SMK TI ZAMIGA Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasbar.


Selain TBSM juga ada pilihan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Kompetensi ini sudah dibuka sejak beridri tahun 2016. Sedangkan TBSM baru mulai dibuka sejak TP 2020/2021 lalu. Kini proses pembelajaran telah berjalan aktif yang dibina oleh tenaga pendidikan kejuruan yang berlatar belakang pendidikan Otomotif.



Pembukaan kompetensi keahlian baru, Teknik TBSM ini, telah diverifikasi Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar, Rabu (17/02/2021). Tim Verifikator terdiri dari Koordinator Kurikulum PSMK Disdik Sumbar, Dra. Hj. Anita MM sebagai Verifikator I,  dan Verifikator II, H. Fikri Syahrial. Anggota Tim lainnya dari Staf Bidang Kurikulum PSMK, Sesdayeni, A.Md dan Didiana, S.Pd, MM dari Cabdin Wilayah VI serta Pengawas SMK, Drs. M. Dasril. 


Kedatangan Tim Verifikator diterima langsung oleh Kepala SMK TI Zamiga, Irti Zamin,SS, didampingi Ketua Yayasan, Megawati, Waka Kurikulum, Indra Yaman, S.PdI dan Ketua Program Keahlian, Bakrizal, S.Pd serta beberapa orang guru lainnya.

  


Dalam kesempatan itu selain verifikasi kelayakan, Tim juga memberikan masukan dalam rangka peningkatkan kualitas lebih baik lagi ke depan. 


“Sekarang ini status negeri dan swasta tidak jadi perbedaan. Yang terpenting adalah bagaimana memenej sekolah dengan baik, meningkatkan disiplin dan mutu serta adanya ciri khas tertentu, “sebut Dra. Hj.Anita, MM, Koordinator Tim.

 

Ditambahkannya, dengan adanya kompetensi baru ini serta diikuti dengan program peningkatan kualitas ke 8 standar dengan disiplin seluruh tenaga pendidikan dan kependidikan yang ada, kita yakin kian diminati dan difavoritkan masyarakat”, ujarnya.


Sementara itu Kepala SMK TI Zamiga, Irti Zamin, SS mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim Verifikasi Kelayakan Kompetensi Baru TBSM. Begitupun terhadap masukan dan binaan yang diberikan untuk kejayaan SMK Ti Zamiga ke depan.

 

“Alhamdulillan program pembukaan Kompetensi baru yang telah dimulai Tahun Pelajaran 2020/2021 telah ditindak lanjuti oleh Dinas Pendidikan Sumbar dengan turunnya Tim Verifikasi kelayakan. Dan sekaligus juga memberikan masukan dan binaan untuk peningkatan kualitas lebih baik lagi ke depan. Kita dengan penuh komitmen dan tekad terus berupaya mengembangkan sekolah ini lebih maju lagi, “ kata Irti Zamin.

 

Lebih lanjut dijelaskan, penbambahan kompetensi baru ini merupakan usulan dari pihak komite dan wali murid terutama yang anaknya mukim di asrama. Usulan pembukaan ini telah mengemuka sejak tahun 2019, namun baru TP 2020/2021 bisa dilaksanakan. Salah satu pertinbangan pembukaan jurusan TBSM terangnya melihat prosfek kerja dan kemandirian lulusan yang umumnya berasal dari berbagai jorong yang ada di Pasbar.

 


“Dengan pembukaan Kompetensi TBSM ini yang sebelumnya ada juga jurusan Teknik Kompueter dan Jaringan, memperluas kesempatan bagi tamatan SMP/MTs/Pesantren se derajad untuk mendaftar di SMK TI Zamiga. Dan mereka kita didik untuk siap measuki IDUKA bahkan bisa mandiri dengan menjalalankan usaha bidang kejuruan dan keterampilan yang dimiliki  dari lulusan SMK TI ZAMIGA, “ terangnya.

 

Pihak sekolah juga telah melaksanakan kerjasama dengan sejumlah Dunia Usaha/Dunia Industri. Baik TBSM maupun Kompetensi TKJ. Seiring juga penempatan PKL jurusan TKJ. Sedangkan jurusan TBSM karena baru dibuka belum ada kegiatan prakerin atau PKL, namun telah melaksanakan kerjasama dengan sejumlah usaha dan perbengkelan yang ada di daerah sekitar.

 

“ Kita juga telah menyiapkan sarana praktik siswa dengan workshop sederhana yang berlokasi di persimpangan dekat Kantor Camat Koto Balingka. Bahkan lokasi ini disipkan untuk pelayanan service sepeda motor dan juga tempat pendidikan luar sekolah, “jelasnya lagi.


 

Ditambahkan, meskipun dengan keterbatasan dana dan swadaya yayasan tanpa ada pungutan biaya seperti SPP kepada peserta didik, SMK TI Zamiga terus berupayan tingkatkan sarana prasarana. 


“Pihak Yayasan YPPIT ZAMIGA tak kenal lelah memikirkan dan berbuat bagaimana pengembangkan fasilitas. Bahkan proses PBM dilaksanakan tanpa pungutan SPP dan uang pembangunan terhadap peserta didik, terutama bagi yang kurang mampu. Alhamdulillan sampai saat ini proses pembelajaran berjalan dengan baik, "terangnya. ****iz/arwin lbs