Cerita Dibalik Nama Kue Legenda "Bika Ambon" -->

Cerita Dibalik Nama Kue Legenda "Bika Ambon"

Thursday, 4 March 2021

SIAPA yang tidak mengenal Bika Ambon. Kue berwarna kuning, bertekstur kenyal, serta memiliki lubang pori-pori ini begitu terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Medan. Meski kue ini menyandang nama Ambon, tapi bukan serta-merta kue ini berasal dari Ambon, melainkan kue ini sangat banyak dijumpai di kota Medan.


Kue Bika Ambon yang sangat populer di Medan Sumatera Utara ini memang sangat unik, meski namanya Bika Ambon namun bukan berarti kue ini berasal dari Ambon salah satu provinsi yang berada di bagian timur Indonesia. Kehadiran Bika Ambon yang tidak sesuai nama dan lokasi asalnya menuai banyak kontroversi, dan menjadi fenomenal hingga banyak berkembang cerita tentang asal-muasal Bika Ambon.

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat mendengar nama kue Bika Ambon, mungkin pertanyaan yang terlintas di benak kita adalah mengapa nama dan asal penganan nusantara sebagai kuliner khas Medan tersebut berbeda kontras sekali, seperti halnya saya beberapa hari yang lalu mendapat oleh-oleh dari sahabat saya yang biasa saya panggil Kahanggi Joni yang habis bepergian ke Medan ibukota Provinsi Sumatera Utara, juga berkata-kata dalam hati “ini Bika Ambon, kenapa dijualnya di Medan?, sontak saya langsung berkomunikasi dengan salah seorang teman saya (sebut saja Adrian), putra asli Ambon via WhatsApp dan langsung menanyakan tentang keberadaan Bika Ambon di negeri Ambon Manise, dan teman saya Adrian mengatakan di Ambon tidak ada dijumpai penganan bernama Bika Ambon. Jadi bagaimana ceritanya? Kira-kira ada sejarah apa di balik nama Bika Ambon ya?

Sebenarnya, tidak ada informasi yang pasti di balik sejarah penamaan Bika Ambon. Ada banyak versi cerita mengenai asal muasal Bika Ambon, diantaranya :
- Dalam buku Jejak-jejak Kebudayaan Portugis di Nusantara (2008) karya Paramita R Abdurrahman, disebutkan bahwa salah satu peninggalan Portugis di Maluku adalah tradisi kuliner, salah satunya kue Bika. Namun tidak ada penjelasan bagaimana kue tersebut dibawa atau diperkenalkan oleh orang Ambon ke Medan.
- Cerita lain yang mengatakan bahwa nama Bika Ambon berasal dari seorang penjual kue Bika yang pertama kali di simpang Jalan Ambon begitu populer dan terkenal lezat. Sehingga orang-orang menyebutnya Bika Ambon.
- Lalu, ada juga cerita lain yang mengatakan bahwa Bika Ambon berasal dari seorang warga Ambon yang merantau ke Malaysia dan membawa kue bika, orang itu tidak kembali ke Ambon, melainkan singgah di Medan.
Dan sampai saat ini belum ada yang bisa memastikan sejarah penamaan terhadap sepotong kue yang dinamai bika Ambon ini. 

Sudahlah, yang jelas Bika Ambon ini rasanya cukup enak dan pas di lidah. Kue legenda kesukaan ummat.[]


Penulis : Muhammad Taufik, Menulis artikel di Kompasiana dan platform media digital. Tinggal di Silaping Pasaman Barat