Enam Belas Tahun SMA Negeri 1 Banuhampu Kab. Agam Dirayakan Meriah -->

Enam Belas Tahun SMA Negeri 1 Banuhampu Kab. Agam Dirayakan Meriah

Friday, 26 March 2021

Banuhampu, ARN - Jumat (26/3) SMA N 1 Banuhampu, Kab. Agam tepat berusia 16 tahun. Pada hari jadi peringatan ulang tahun kali ini, masih dalam lingkungan SMA N 1 Banuhampu, warga sekolah memperingatinya dengan menghadirkan rangkaian acara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Walau acara itu digagas dalam waktu yang sangat singkat, ternyata tidak mengurangi makna dari semua acara tersebut. 

Acara pertama diawali dengan persembahan  kultum dari kelas XII. Kultum kali ini  merupakan kultum  terakhir dari siswa kelas XII.  Acara kultum terakhir ini merupakan acara yang sangat istimewa bagi mereka.  Kultum hari  ini dibawakan oleh siswa kelas XII dengan menggunakan tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris. Kepiawaian mereka dalam menggunakan tiga bahasa tentu saja mendapat sambutan hangat dari seluruh warga sekolah. Tidak kalah menariknya, acara kultum mereka tutup dengan menyuguhkan beberapa lagu  religi yang diiringi dengan petikan gitar yang memukau. Penampilan acara kesenian  sebagai penutup kultum istimewa  ini pun tentu saja  mendapat tepuk tangan yang meriah dari seluruh penonton.

Rangkaian acara selanjutnya,  pelepasan balon dari siswa kelas XII. Pelepasan balon ini sebagai simbol bahwa mereka akan terbang mengepakkan sayap setinggi-tingginya untuk  menggenggam matahari harapan mereka. Acara pelepasan balon ini diawali dengan rangkaian tarian masal dari seluruh kelas XII. Dengan kompak mereka bergoyang diiringi dengan alunan musik yang sangat indah. Berbagai atraksi yang sangat menarik mereka persembahkan dengan sangat apik. Selesai tarian massal, mereka pun serentak berlari ke luar lapangan. Setelah lapangan kosong, tiba-tiba penonton dibuat terpukau dengan munculnya seorang pembaca puisi yang sangat memikat. Puisi dengan tema perpisahan membuat semua penonton larut dibawa perasaan yang mengharu biru.


















Selesai pembacaan puisi, penonton kembali dibuat terkejut dengan masuknya seluruh siswa kelas XII ke tengah lapangan. Sambil berlarian ke tengah lapangan, mereka membentuk formasi melingkar. Penampilan mereka semakin gagah dengan memakai jaket angkatan kebanggaan mereka masing-masing.  Sambil mengumandangkan yel-yel penuh semangat,  balon-balon itu pun mereka lepaskan untuk terbang bebas ke udara. Tanpa komando, semua penonton ikut bersorak sambil bertepuk tangan, larut dalam teriakan penuh harapan. 


















Saat mata penonton masih terpukau dengan terbangnya balon harapan yang terbang membumbung ke langit biru, tiba-tiba penonton dibuat tersentak dengan terdengarnya nyanyi selamat ulang tahun versi lagu yang dipopuler salah satu band papan atas Indonesia. Diiringi nyanyian penuh makna ini, semua siswa kelas XII kembali  membentuk formasi setengah lingkaran. Setelah semua penonton  fokus, maka  dimulailah rangkaian acara ulang tahun SMA N 1 Banuhampu yang ke-16.  Acara ulang tahun diawali dengan kata sambutan dari Ketua Komite SMA N 1 Banuhampu, Bapak Drs. Zakiruddin Sinaro dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng  oleh Kepala SMA N 1 Banuhampu Bapak Drs Aris Supardi, beturut kemudian Bapak Syamsul Bahri, Ibu Sri Rahmah, Ibu  Sevriza Yatmi, Bapak Afdal dan Ibu Tita Herawati secara bergantian.


















Selesai acara pemotongan tumpeng ulang tahun, acara dilanjutkan dengan Jumat Berkah. Acara Jumat berkah ini dilaksanakan untuk berbagi dengan sesama warga sekolah dan juga dengan  masyarakat umum. Untuk warga sekolah setiap kelas menyediakan sejumlah makanan ringan dan meletakkan makanan tersebut di tempat yang telah diatur oleh panitia pelaksana. Setiap siswa akan mendapat 2 buah kupon. Dengan kupon tersebut mereka boleh mengambil dua buah jenis makanan yang mereka inginkan secara gratis. Sedangkan dengan masyarakat umum, OSIS SMA N 1 Banuhampu memberikan bantuan nasi kotak secara gratis kepada masyarakat sebagai bekal makan siang sebanyak 400 kotak. Lokasi pembagian nasi kotak ini dilakukan di jalan raya  Simpang Empat Padang Luar dan di jalan raya depan sekolah.  Semua menu nasi kotak ini merupakan menu racikan tangan  anggota  OSIS SMA N 1 Banuhampu. 

Walau di tengah suasana pandemi yang belum kondusif, acara sederhana ini  bisa terlaksana dengan baik. Terlepas dari segala kekurangannya, semua rangkaian acara ini bisa berjalan berkat adanya kerja sama dari seluruh warga sekolah. Sesuai dengan motto dari SMA N 1 Banuhampu, "Basamo Mangko Manjadi" maka acara yang sederhana pun bisa menjadi luar biasa dan penuh makna 

Enam belas tahun perjalanan SMA N 1 Banuhampu yang telah digawangi oleh 5 Kepala Sekolah yaitu Bapak Edi Mukhiar, Bapak Rusdianif Rusyid, Bapak Azwir Herdiman, Bapak Hamdi Nurdin dan Bapak Aris Supardi selalu menanamkan prinsip melangkah bersama untuk meraih sebuah kesuksesan. Kebersamaan yang tak pernah membuat ada yang merasa ditinggalkan dan tak pernah pula merasa ada yang dilebihkan. Semua program sekolah dilaksanakan secara  bersama untuk menuju kebaikan. Karena itulah, apa pun kegiatan yang dilakukan oleh pihak sekolah selalu mendapat dukungan dari semua warga sekolah. 

Tentu saja, kita berharap ke depannya SMA N 1 Banuhampu akan lebih baik lagi dalam segala hal. Ke depannya, SMA N 1 Banuhampu diharapkan bisa menjadi sekolah impian tidak hanya untuk warga Banuhampu saja,  tapi juga bagi masyarakat Agam dan Bukittinggi sekitarnya.[]
\rel