Kondisi Jembatan di Jorong Silaping Rusak serta Berlobang, Pihak Kecamatan dan Nagari Batahan Akan Gotong Royong Pekan ini -->

Kondisi Jembatan di Jorong Silaping Rusak serta Berlobang, Pihak Kecamatan dan Nagari Batahan Akan Gotong Royong Pekan ini

Monday, 1 March 2021

Kondisi jembatan di Jorong Silaping persis di depan Kantor Wali Nagari Batahan, sering diperbaiki secara swadaya tapi tetap rusak kembali

Ranah Batahan, ARN - Kantor Wali Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat senin pagi (1/3/2021) terlihat ramai dengan kehadiran para staf, anggota Bamus dan para Perangkat Nagari yang ada di Nagari batahan.

Tidak jauh dari Kantor Wali Nagari tampak sebuah jembatan penghubung anak sungai. Posisinya persis berada di depan gerbang. Kira-kira jaraknya tidak lebih sepuluh meter dari Kantor Wali Nagari Batahan.


Jembatan ini akses utama di pusat ibukota kecamatan yang menghubungkan jalan dari arah pasar nagari di Jorong Silaping jika lurus ke arah Desa Baru dan jika ke kanan ke arah Aek Nabirong Kecamatan Koto 

Sudah setahun lebih  kondisi jembatan ini bisa dikatakan tidak layak lagi untuk di lalui. Di badan jembatan terdapat lobang-lobang besar sehingga hanya separoh badan jembatan yang bisa dilalui kendaraan. Pernah terpantau satu atau dua kali pihak dari Kecamatan dan Nagari bergotong royong menambal lobang-lobang tersebut dengan cor beton, namun lobang-lobang itu muncul lagi.


"Sekitar seminggu yang lalu saya lihat ada yang datang pakai mobil plat merah menyurvei jembatan ini. Mungkin dari Kabupaten ya?" ungkap Fitri Amin Kepala Jorong Silaping, Senin pagi (1/3) kepada ARN di Kantor Wali Nagari Batahan.

Masih di tempat yang sama, Herman Pargauli, Amd Selaku Pj Wali Nagari Batahan juga mengatakan kepada media ini bahwasanya jembatan kabupaten ini sudah masuk pengajuan tahun 2020 yang lalu. Saat ini tinggal menunggu langkah selanjutnya. "Ada dua jembatan yang menjadi prioritas salah satunya ini," jelas Herman Pargauli.

Kemudian di lokasi berbeda kami bertemu dengan Camat Ranah Batahan H. SYAHWIRMAN, SH.MM.

"Kita sedang menunggu Rencana Kerja Pemerintah Nagari (RKP Nagari). Setelah musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Nagari Batahan nanti digelar dalam waktu dekat, setelah itu langsung kita bawa ke Kabupaten," ujar beliau menjawab pertanyaan kami soal kondisi jembatan ini.

"Karena kondisi jembatan yang merupakan akses utama di jorong Silaping ini sudah begitu memprihatinkan dan kita juga takut nanti terjadi musibah, dalam minggu ini kita akan kembali melakukan Gotong Royong dari Kecamatan, Nagari serta Polsek Ranah Batahan. Kita akan perbaiki walaupun daya tahannya hanya untuk sementara. Namun, melihat dari kegiatan yang sudah dua kali kita secara bersama lakukan beberapa waktu yang lalu ternyata cukup membantu walaupun daya tahannya tidak lama," ungkap H.SYAHWIRMAN,SH.MM Camat Ranah Batahan Kepada ARN pagi tadi (1/3) sesaat sebelum beliau berangkat bersama stafnya ke arah Ujung gading.

"Semoga jembatan itu secepatnya bisa di bangun permanen setelah semua proses di Nagari selesai,"  pungkasnya.[]

Dilaporkan oleh : Novis Satria