Prioritaskan Mitigasi Bencana, Wagub Audy Lakukan Kunker di Pasbar -->

Prioritaskan Mitigasi Bencana, Wagub Audy Lakukan Kunker di Pasbar

Friday, 12 March 2021


Pasbar, ARN - Mitigasi Bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana (Pasal 1 ayat 6 PP No 21 Tahun 2008).


Wakil Gubernur Sumater Barat Audy Joinaldy melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pasaman Barat, adapun kunjunjugan kerja tersebut dalam rangka, penanganan mitigasi bencana (11/3/2021).

Wagub Audy Joinaldy didampingi Bupati dan wakil, Hamsuardi- Risnawanto,Biro Humas Prov Sumbar, Kepala Bappeda, Balitbangda, PUPR, PSDA, BPBD, serta beberapa Kepala OPD Pasbar.


Dalam kunjungan kerjanya tersebut Audy Joinaldy, ingin melihat secara langsung situasi dan kondisi di lapangan sehingga bisa dilaporkan kepada pemerintah pusat.

Serta mengatakan akan memprioritaskan penanganan mitigasi bencana di Kabupaten Pasaman Barat, walaupun hal tersebut membutuhkan anggaran ratusan miliar.

"Kita akui anggaran banyak mengalami recofusing, penanganan Pandemi covid-19, namun bagaimanapun masyarakat yang terdampak bencana harus di tangani,"  kata Audy.

"Sebentar lagi saya dan Gubernur serta Kementerian Bidang Kemaritiman akan mengadakan rapat tentang hal mitigasi ini," lanjut Audy Joinaldi.

Selanjutnya Wagub Audy melakukan peninjauan jalan Teluk Tapang, irigasi Batang Batahan, lokasi banjir Batang Sikabau dan Batang Bayang  yang akan menjadi usulan program  prioritas tahun 2022.

Anggaran untuk pembangunan tersebut memang tidak sedikit dan APBD tidak akan mampu. Makanya, ia berjanji bersama dengan pemerintah daerah akan berusaha menyampaikan ke Pemerintah Pusat.


"Harapannya Pemerintah Pusat bisa mengerti dengan kondisi masyarakat tentang dampak bencana alam dan tahun depan 2022 bisa terealisasi itu semua," harap Audy Joinaldy.

Sementara itu, Bupati Pasbar Hamsuardi didampingi Risnawanto, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat berharap bahwa peninjauan pada hari itu (11/3) akan menjadi langkah awal pembangunan mitigasi bencana.

"Harapan kita, Pemerintah Provinsi melalui Bapak Gubernur Mahyeldi Ansharullah dan Bapak Wakil Gubernur Audy Joinaldy menyampaikan kepada pemerintah pusat kondisi Pasbar ini. Mitigasi bencana seperti apa yang akan bisa menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut," ujar Hamsuardi penuh harap.[]

*Arwin/rel