Ternyata ini Alasan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat Gunakan Mobil Dinas Lama -->

Ternyata ini Alasan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat Gunakan Mobil Dinas Lama

Monday, 1 March 2021

H. Hamsuardi, S.Ag, Bupati Pasaman Barat periode 2021 - 2024

Simpang Ampek, ARN-- Sebagaimana santer diberitakan beberapa hari ini, Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat terpilih memilih memanfaatkan mobil dinas lama alih-alih meminta penganggaran mobil dinas baru. Rupanya hal ini terkait upaya mengefisienkan penggunaan anggaran, sehingga Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto menggunakan Mobil Dinas (Mobnas) lama yang pernah digunakan oleh pejabat sebelumnya. 


Menurut keterangan Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, penggunaan mobil dinas yang lama tersebut bukan karena ada maksud lain. Namun, untuk mengefisienkan penggunaan anggaran di tahun 2021 ini.

"Ini ada lagi rekofusing  atau pergeseran anggaran kita. Jika bisa memanfaatkan segala sesuatu dengan maksimal. Kenapa mesti membeli yang baru. Karena mobil yang digunakan saat ini masih bagus dan layak untuk digunakan," ungkap Hamsuardi.

"Jadi, anggaran kita untuk membeli mobil baru tersebut bisa digunakan untuk membangun jembatan, membangun jalan atau yang lainnya," lanjutnya.

Mobnas BA 1 S untuk Hamsuardi Bupati Pasaman Barat periode 2021 - 2024


Sementara itu, Kabag Umum Pemda Pasbar Faisal mengatakan bahwa kepala daerah saat ini lebih memilih menggunakan mobil dinas yang pernah digunakan oleh Bupati Pasaman Barat periode 2010-2015, Baharuddin R.

“Mobil dinas dengan merek Toyota Land Cruiser Prado ini telah parkir satu periode di belakang rumah dinas. Beliau lebih memilih mobil ini untuk dipasangkan kembali BA 1 S,” katanya.

Mobnas BA 2 S untuk Risnawanto Wakil Bupati Pasaman Barat periode 2021 - 2024


Begitu juga untuk Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto lanjut Faisal, beliau juga lebih memilih mengunakan mobil dinas yang lama dengan merek Toyota Fortuner untuk dipasangkan nopol BA 2 S.

Akibat dari pandemi Covid-19 setahun belakangan ini bagaikan menghentikan pembangunan infrastruktur di Pasaman Barat memang. Apalagi kebijakan penggunaan anggaran merujuk kepada kondisi kedaruratan sehingga banyak mata anggaran dan kegiatannya dialihkan kepada hal prioritas mendesak. 

Publik Pasaman Barat sendiri banyak yang memuji kebijakan Bupati Hamsuardi terkait Mobnas ini. Berbagai pujian terpantau dalam forum-forum diskusi di grup media sosial seperti Facebook. Apalagi Hamsuardi memang dikenal selama ini sebagai tokoh yang sederhana. 

"Ga kaget sih, beliau lebih memilih pakai mobil dinas yang sudah ada. Semoga kesederhanaan yang melekat pada Pak Siham selama ini tidak luntur ketika beliau telah jadi Bupati saat ini," tulis warna net di media sosial.[]