Angin Kencang Berkecepatan 34 Knot atau 60 KM/Jam, Gelombang Rosby Ekuatorial Masih Berlangsung Hingga Malam Ini -->

Angin Kencang Berkecepatan 34 Knot atau 60 KM/Jam, Gelombang Rosby Ekuatorial Masih Berlangsung Hingga Malam Ini

Sunday, 4 April 2021

Ranah Batahan, ARN - Angin kencang disertai hujan deras terjadi malam ini tepat pukul 23:30 WIB di daerah Jorong Silaping, Rao-rao, Paninjuan serta di Jorong-Jorong tetangga lainnya yang masih berada di sekitar wilayah Nagari Batahan Kec. Ranah Batahan Pasaman Barat, Sabtu (3/4/2021). Suasana semakin mencekam dikarenakan listrik juga padam.
Mendengar dan membaca pemberitaan-pemberitaan yang beredar dari media-media online dan dari media sosial disepanjang hari ini, dikabarkan sudah banyak terjadi pohon tumbang serta atap rumah-rumah penduduk hancur di beberapa wilayah Sumatera Barat  tidak terkecuali di kabupaten Pasaman Barat, yang mengalami hal yang sama di beberapa titik.

Menurut berbagai sumber, cuaca ekstrim ini terjadi akibat pola gangguan cuaca yaitu gelombang rossby ekuatorial yang saat ini aktif di perairan dekat Sumatera. Hal itu ditandai dengan adanya pola sistem tekanan rendah ganda di sekitar utara dan selatan ekuator. Potensi angin kencang ini memiliki kecepatan 34 knot atau 60 kilometer per jam. Adanya dua sistem tekanan rendah ini mengakibatkan terjadinya penyempitan lorong udara yang bergerak dari timur ke barat.

Karena faktor ini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat telah mengeluarkan Peringatan Dini yang terpampang dilaman situs https://www.bmkg.go.id/cuaca/prakiraan-cuaca-indonesia.bmkg?Prov=32&NamaProv=Sumatera%20Barat yang berbunyi :

Waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada sore hingga malam hari di wilayah Pasaman Barat, Kab. Agam, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Kep. Mentawai, serta pada dini hari di wilayah Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pesisir Selatan, Kep. Mentawai dan sekitarnya.

Hingga saat berita ini diturunkan, hujan dan angin masih terjadi di wilayah ini namun intensitasnya sudah mulai berkurang, sedangkan lampu listrik (PLN) masih dalam keadaan padam.

Melihat dari keadaan cuaca yang tidak bersahabat ini kami menghimbau kepada kita semua agar tetap waspada dan mengurangi aktifitas di luar rumah guna menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.[]

Dilaporkan oleh : Novis Satria