Bamus Nagari Parik Jemput Bola ke Kabupaten Pasaman Barat -->

Bamus Nagari Parik Jemput Bola ke Kabupaten Pasaman Barat

Thursday, 22 April 2021




KOTO BALINGKA, PASBAR,(andalasrayanews.com)-Bulan Ramadan sepertinya tidak mengurangi  semangat team BAMUS Nagari Parik kecamatan Koto Balingka kabupaten Pasaman Barat untuk tetap menunjukkan eksistensinya.Seperti yang hari ini,Rabu (21/4/2021).Rombongan Bamus yang langsung Dikomandoi Ketua Bamus Nagari Parik Yulisman menyambangi Ibukota Kabupaten Pasaman Barat.


"Kegiatan hari itu hanya dalam rangka silaturahmi saja.Kita berdiskusi dan mencoba bertanya apa yang perlu dipertanyakan tentunya terkait Nagari Parik,"Ungkap Yulisman Ketua Bamus Nagari Parik kepada Media Andalasrayanews.com sesaat baru sampai sepulangnya dari Simpang Empat,rabu sore (21/4).


BAMUS yang sejatinya mempunyai fungsi menetapkan peraturan Nagari bersama Wali Nagari, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.BAMUS juga bertugas Menggali, menampung, menghimpun, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat.Struktur Organisasi Serta Tugas dan Fungsi Badan Musyawarah Nagari (BAMUS) semakin dikuatkan sebagai lembaga permusyawaratan di tingkat Desa/Nagari Secara yuridis mengacu kepada regulasi desa yakni Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.




Dengan fungsi,wewenang serta demi tugas yang mesti dilakukan untuk nagari, maka Bamus Nagari Parik mencoba langsung (menjemput bola) ke PemNag dikantor Bupati Pasaman Barat,rabu (21/4).


"Kita datang kekantor bupati khususnya yang membidangi Nagari yaitu PemNag hanya sekedar untuk bertukar informasi,berdiskusi terkait Nagari Khususnya Nagari Parik kedepannya,apalagi,tidak lama lagi kemungkinan kita akan melangsungkan Pilwana.Dengan demikian,mulai hari ini kita sudah mesti siap,"ujar Yulisman menerangkan.


"kita masih baru di Bamus ini.Kita mesti terus belajar,tentunya harus sering berdiskusi dengan kabupaten agar kita tidak ketingalan informasi penting untuk Nagari ini,"pungkasnya lagi mengakhiri.


Kegiatan yang dilakukan Bamus Nagari Parik ini yang selalu tampak aktif sejak dilantik beberapa bulan yang lalu seharusnya bisa menjadi contoh bagi Nagari yang lainnya.Karena,informasi itu tidak selalu datang tapi terkadang mesti dijemput.[]


Dilaporkan Oleh: Novis Satria