Berita Acara Ditandatangani, Status IDM Nagari Batahan Masih Berkembang -->

Berita Acara Ditandatangani, Status IDM Nagari Batahan Masih Berkembang

Wednesday, 14 April 2021



Ranah Batahan,(Andalasrayanews.com)-Indeks Desa Membangun (IDM) Indeks komposit yang dibentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi Desa.


Landasan hukumnya untuk program ini adalah Undang - Undang Nomor 6Tahun 2014 tentang Desa serta Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No. 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun.Dalam rangka menjalankan program ini Tenaga Ahli Pembangunan Parsipatif P3MD Kementrian Desa PDTT Pasaman Barat Bapak Mulyadi Lubis Tampak menghadiri Kegiatan yang berlangsung diaula Kantor Wali Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan,rabu (14/4/2021).


Kegiatan hari ini selain Mulyadi Lubis

Pendamping desa(PD),pendamping lokal desa (PLD) dalam rangka Fasilitasi dan Pendampingan Pemerintahan Nagari juga dihadiri langsung oleh Pj Wali Nagari Batahan Dani Handri,A.Md,sekna  serta pihak terkait lainnya.


"Tujuan dari kegiatan hari ini adalah  pemutakhiran Indeks Desa Membangun IDM Nagari Batahan,"ungkap Yunaidi (Juned) Pendamping Desa (PD) Kecamatan Ranah Batahan kepada Andalasrayanews.com lewat ChatWa.


Tujuan Indeks Desa Membangun (IDM) itu sendiri adalah untuk menetapkan status kemajuan dan kemandirian Desa serta menyediakan data dan informasi dasar bagi pembangunan Desa.

"Kegiatan pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM) Nagari Batahan tersebut Alhamdulillah Sukses,"tambahnya lagi.




"Dalam kegiatan hari ini saya sangat berterimakasih sekali atas kerjasama segala pihak yang telah turut mendukung kegiatan ini.semoga di kegiatan-kegiatan lainnya kedepan juga terbagun sinergifitas yang baik untuk kemajuan Nagari Batahan ini"Jelas Dani Handri,A.Md Pj Wali Nagari Batahan kepada media Andalasrayanews.com.


"Berita acara sudah ditandatangani bersama tadi (14/4/) dan hasilnya Nagari Batahan dikategorikan masih dengan status Desa/Nagari berkembang,"Pungkas Wali Nagari Batahan mengakhiri.[]


Dilaporkan Oleh : Novis Satria