Helju Sepli Tuhari, SP: Inovasi dan Perbaikan Kualitas Mutu Layanan Perumdam Pasaman Barat untuk Peningkatan PAD serta Kesejahteraan Masyarakat -->

Helju Sepli Tuhari, SP: Inovasi dan Perbaikan Kualitas Mutu Layanan Perumdam Pasaman Barat untuk Peningkatan PAD serta Kesejahteraan Masyarakat

Sunday, 4 April 2021

Simpang Ampek, ARN - Kemampuan manajerial Direktur Perusahaan Daerah Pasaman Barat (Perumdam Pasbar) Helju Sepli Tuhari, SP memang sudah tidak diragukan lagi. Kualitas sistim manajemen yang dimilikinya dalam memimpin sebuah perusahaan yang berbasis daerah patut diacungi jempol. Hal ini sudah terbukti dan terlihat dengan kasat mata.


Ada banyak kemajuan dan peningkatan secara bertahap yang telah dibuktikan selama Helju menjabat jadi Direktur Perumdam Pasbar saat ini. Antara lain beberapa aspek yang jadi perhatian seperti mengurangi keluhan aliran air ke rumah pelanggan yang macet. Kemudian pelayanan terhadap pelanggan bisa di lakukan secara online melalui gawai smartphone dengan mengunduh aplikasi Perumdam Pasbar melalui Play Store. Inovasi yang ditawarkan dengan layanan aplikasi tersebut menjadikan manajemen administrasi bisa dipastikan bersih dan akurat.

Dengan adanya aplikasi khusus Perumdam Pasbar,  semakin memudahkan proses baik untuk pendaftaran jadi pelanggan baru Perumdam ataupun layanan pengaduan keluhan pelanggan serta yang terpenting pembayaran tagihan pelanggan jadi mudah dalam jangkauan tanpa harus mendatangi kantor Perumdam. Semua proses bisa dilakukan bahkan dari rumah saja. 

Rika (33 tahun) Warga Simpang Ampek salah satu pelanggan Perumdam saat di temui ARN di kediamannya, Minggu (4/4) mengatakan sangat terbantu dengan adanya aplikasi layanan Perumdam Pasbar itu. 

 "Kita tak perlu harus datang ke kantor Perumdam hanya buat bayar tagihan. Cukup kita bayar lewat aplikasi tersedia saja, beres," ungkap Rika. 

"Bagi saya dengan adanya aplikasi Perumdam Pasbar inj sangat membantu sekali. Biasanya kan kita bayar tagihan sekurang kurangnya harus mengeluarkan uang Empatpuluh Ribu Rupiah, belum lagi untuk ongkos ojek.  Nah, kini sudah tidak mengeluarkan bayar ojek lagi, uang tersebut kan bisa untuk digunakan buat jajan anak sekolah," kata Rika lagi.

Kemajuan Perumdam ini tidak hanya sampai disitu. Helju menerangkan manakala ditemui ARN di ruang kerjanya, Helju akan tingkatkan dari sisi lain sistem pengelolaan air minum daerah ini tidak hanya sekedar sumber air kebutuhan rumah tangga saja. 

"Kita harus mampu ciptakan produk Perumdam ini jadi produk air minum kemasan yang punya label. Jadi air minum kemasan yang berkelas untuk di suplai seperti air minum kemasan lainnya," ujar Helju semangat. 
 
Menurut Helju, Pasaman Barat punya sumber air yang cukup dan berkualitas baik dibanding sumber air yang dikemas oleh perusahaan di luar sana.

"Sementara selama ini kita disuplai produk air minum dari luar yang belum tentu murni seperti sumber air kita yang ada di pasaman barat. Kita sudah layak membuat produk air minum kemasan sendiri untuk apa kita harus suplai dari luar," tangkasnya.

"Kalau produk air minum kemasan ini mampu kita kembangkan, otomatis sudah menjadi kontribusi bagi peningkatan pendapatan bagi daerah. Kita juga akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pasaman Barat. Namun, dalam hal ini saya juga butuh dukungan dan bantuan Pemerintah kita, perlu sokongan dukungan dari pihak-pihak lain terutama tentu saja dari Pak Bupati kita," harap Helju.[]

Dilaporkan oleh Yulisman