Kunjungan Kepala BNPB Doni Monardo Ke Sumbar -->

Kunjungan Kepala BNPB Doni Monardo Ke Sumbar

Friday, 16 April 2021








PADANG, (andalasrayanesw.com).. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, melakukan Kunjungan Kerja Ke Provinsi Sumatra barat, Kamis (15/4/2021).

Dalam Kunjungan nya Doni Monardo menyarankan agar memprioritaskan, penjagaan Ekosistem laut, untuk mencegah Pesisir Pantai dari ancaman abrasi. Dengan membuat Peraturan.

Peraturan Gubernur atau Peraturan Daerah (Perda) yang memiliki kekuatan hukum, untuk menjamin pemeliharaan vegetasi secara baik dan berkelanjutan.


Ia mengatakan sepanjang pesisir Pantai Sumbar berbagai macam vegetasi yang cocok untuk di jadikan penahanan abrasi pantai tersebut.

Diantaranya Pohon Ketapang, Pinago, Pohon Waru, Cemara udang, Beringin dan lainnya sesuai dengan kondisi Pantai, katanya.

Doni Monardo menambahkan Pemerintah pusat juga melalui BNPB telah membangun batu grip penahan gelombang pengaman Pantai Padang dari abrasi dengan anggaran Rp19 miliar atas usulan Pemkot Padang dan Pemprov Sumbar,batu grip penahan gelombang tersebut masih belum cukup.

Dengan adanya aturan semua prioritas penjagaan ekosistem laut bisa akomodir, pemerintah provinsi dan daerah, katanya.

(Red)