Listrik di Ranah Batahan Sering Padam, Petugas Berjibaku di Sepanjang Jaringan -->

Listrik di Ranah Batahan Sering Padam, Petugas Berjibaku di Sepanjang Jaringan

Thursday, 1 April 2021

Ranah Batahan, ARN - Beberapa hari terakhir di wilayah Ranah Batahan sekitar sering terjadi padamnya lampu listrik. Seperti beberapa malam yang lalu listrik padam sekitar pukul 03:00 WIB dinihari baru menyala pagi harinya. Pada hari Rabu (31/3/2021) sekitar pukul 01:00 WIB dini hari juga kembali padam dan baru kembali menyala menjelang subuh. Kemudian masih pada hari yang sama pada sore harinya kembali padam sekitar pukul 17:30 dan baru menyala beberapa jam kemudian sekitar pukul 20:15 WIB.

"Kalau lampu ini padam terus dibulan puasa nanti apalagi menjelang berbuka dan sahur sudah keterlaluan namanya itu," celoteh salah seorang warga di sebuah warung kopi di Tambang Padang Kecamatan Koto Balingka. 
"Kita beli ganset saja satu per rumah tangga dari pada merepotkan mereka (PLN)," guyon warga yang lain menimpali.

Seperti percakapan di warung kopi tersebut dan juga pada tempat-tempat yang lain soal listrik padam ini hampir selalu terjadi setiap menjelang bulan puasa. Listrik yang menjadi salah satu sumber penopang kehidupan masyarakat sehari-hari sangat dibutuhkan kehadirannya. Jika pada bulan puasa nanti persoalan listrik yang sering padam seperti saat ini terjadi, apalagi saat menjelang buka puasa dan disaat sahur maka dipastikan sekali sangat mengganggu. 

Pemadaman listrik yang dilakukan secara terencana karena ada perawatan dan biasanya diberikan informasi ke pelanggan. Kemudian ada pula perawatan darurat yang kadang tanpa konfirmasi kepada pelanggan. Faktor penyebab matinya listrik bisa terjadi akibat faktor internal dan eksternal. Terkadang akibat kerusakan pada peralatan milik PLN, tiba-tiba rusak dan harus diganti dan proses tersebut kadang tanpa pemberitahuan lantaran bersifat darurat. Kemudian faktor eksternal contohnya gangguan alam berupa pohon tumbang, tiang patah akibat ditabrak kendaraan hingga jaringan dihinggapi binatang seperti tupai, monyet, musang, dll.

"Saya berharap dibulan puasa nanti jangan seperti ini, lampu listriknya jangan mati terus karena sangat menganggu sekali kekhusukan kita menjalankan ibadah," ungkap Tarmizi (45 tahun) warga Jorong Tambang Padang Kecamatan Koto Balingka yang berbatasan dengan Ranah Batahan kepada media ARN malam ini.

"Matinya listrik akhir-akhir ini diakibatkan oleh faktor cuaca. Sering terjadi badai dan hujan deras sehingga banyak pohon-pohon dan ganguan lainnya terjadi sepanjang jalur PLN. Kami saat ini kebetulan sedang berada di lokasi di daerah Jambu Nipo wilayah Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan sedang membersihkan jaringan," terang Calin (43 tahun) Petugas Teknik PLN wilayah Ranah Batahan kepada ARN lewat telepon saat kami hubungi (1/4/2021) sekitar pukul 20:30 WIB.

"Kami berharap kepada masyarakat agar sabar karena setiap ada gangguan jaringan kami selalu siaga seperti yang kami kerjakan saat ini di wilayah Jambu Nipo ini," tambahnya.
Perbaikan di Jambu Nipo 
Desa Baru

"Kami berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dan semoga dibulan puasa nanti cuaca baik dan gangguan jaringan eksternal bisa kita atasi dan pelanggan bisa menikmati listrik dengan nyaman," pungkas Calin mengakhiri.[]

Dilaporkan Oleh : Novis Satria