Setelah Alat Berat, Hari Ini Giliran Truk Bermuatan Buah Kelapa Sawit Terguling di Tanjakan Desa Manisak Ranto Baek Mandailing Natal -->

Setelah Alat Berat, Hari Ini Giliran Truk Bermuatan Buah Kelapa Sawit Terguling di Tanjakan Desa Manisak Ranto Baek Mandailing Natal

Tuesday, 6 April 2021

Ranto Baek Mandailing Natal, (andalasrayanews.com) - Jalan Lintas Sumatera yang berada di wilayah Desa Manisak Kec. Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara merupakan jalur lintas menuju Kota Medan dari arah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Kondisi jalan mulai dari arah perbatasan Sumatera Barat sampai ke Desa Manisak pada umumnya masih bagus. Namun ada di beberapa titik lokasi yang sudah mulai berlubang. Seperti di tanjakan Desa Manisak menuju arah Sumatera Barat.Tanjakan ini cukup tinggi sehingga sering kali terdengar beberapa mobil bermuatan berat acap minta ampun di tempat ini. Seperti pagi tadi Selasa (6/4/2021), terlihat mobil truk bermuatan buah Kelapa Sawit dari arah Natal menuju Pabrik Pengolahan Buah Kelapa Sawit di Desa Tandikek mengalami hal yang sama sehingga tak dapat ampun lagi, mobil tak bisa dikendalikan dan mengakibatkan mobil truk bermuatan sarat buah Kelapa Sawit itu pun terbalik (terguling).

"Sudah ada beberapa kali kejadian serupa terjadi, Katua," jelas Zulkisman (34 tahun) kepada ARN yang terhubung via telepon. Zulkisman merupakan warga Jorong Kampung Baru Pasbar yang kebetulan melintas di tempat kejadian pagi hari tadi (6/4).

"Sebelum ini, beberapa minggu yang lalu pun ada juga yang terbalik, Katua. Waktu itu truk Torado yang membawa alat berat," tambahnya lagi.

Saat ARN menanyakan penyebab dari kejadian, ia menjelaskan, selain tanjakan yang cukup tinggi jika kita dari arah Manisak ke arah Sumbar, juga ada jalan yang rusak (berlobang) pas berada di tengah-tengah tanjakan.

"Lubang inilah yang membuat mobil bermuatan berat seperti truk pengangkut buah Kelapa Sawit itu tidak mendapatkan tenaga untuk naik ke atas. Jika mobilnya tidak kuat, maka kalau tidak mundur ke bawah lagi, ya, akhirnya terbalik," pungkas Zulkisman menjelaskan dengan nada prihatin.

Kejadian seperti ini sudah tidak membuat heran lagi bagi masyarakat sekitar. Truk yang terbalik (terguling) seperti ini biasanya jarang mengakibatkan korban jiwa. Biasanya hanya kerusakan kecil pada bagian dinding-dinding mobil.Terpantau dari foto yang dikirimkan dari lokasi, sebelum mobil truk yang terbalik itu dievakuasi, para pekerja hanya memindahkan muatan truk yang bermuatan buah Kelapa Sawit itu ke mobil lain untuk dibawa ke pabrik buat dijual. Pabrik itu sendiri jaraknya tidak kurang 10 KM lagi dari tempat kejadian.[]

Dilaporkan oleh : Novis Satria