Tim Verifikasi Nagari Batahan Pasaman Barat Lakukan Validasi Lapangan Bagi Calon Penerima BLT- DD Tahun 2021 -->

Tim Verifikasi Nagari Batahan Pasaman Barat Lakukan Validasi Lapangan Bagi Calon Penerima BLT- DD Tahun 2021

Friday, 23 April 2021




Ranah Batahan,(Andalasrayanews.com)-Tim verifikasi penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT - DD) Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat melakukan verifikasi/Validasi  kelapangan data calon penerima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT - DD Tahun Anggaran 2021 sejak beberapa hari terakhir.Seperti pada hari selasa (20/4/2021) tampak tim verifikasi menyambangi beberapa kejorongan di Nagari Batahan seperti jorong Paninjuan,pagaran tengah,rao-rao dan jorong lainnya.


"Sekarang cuma tinggal empat jorong lagi dari 26 jorong yang belum kita datangi.Kita terbagi dari empat tim.mungkin besok sudah selesai semua kejorongan,"ujar Hapdaini Pendamping Lokal Desa (PLD) Nagari Batahan kemedia Andalasrayanews.com lewat telepon seluler.


Verifikasi/Validasi lapangan bagi calon penerima BLT - DD tersebut adalah lanjutan dari data calon penerima yang di serahkan oleh kepala jorong masing-masing sebelumnya.Adapun syarat dan kriteria calon penerima yaitu warga yang tidak menerima Bantuan sosial seperti,penerima PKH,BST dan Sembako serta Bansos lainnya. 


"Kuota data calon penerima itu hanya sebanyak 400  kpm di Nagari Batahan.Kuota tersebut  dari 26 Jorong yang ada di Nagari ini,"ungkap Hapdaini lagi menambahkan.


Saat kegiatan hari itu berlangsung Pj Wali Nagari Batahan Dani Handri.A.Md sedang berada di ibukota kabupaten pasaman Barat dalam rangka kegiatan yang masih terkait dengan Nagari Batahan.



"Ya,agendanya dilapangan hari ini itu verifikasi/validasi data kelapangan.Saya lagi dijalan hendak menuju pulang dari simpang empat,"balas Dani Handri sewaktu kami hubungi lewat telepon seluler Selasa sore (20/4).


Mengenai penetapan sesuai kategori menurut aturan yang ada,layak atau tidaknya untuk menerima bantuan tunai yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2021 ini.Maka hasil dari Verifikasi/Validasi dilapangan itu,untuk langkah selanjutnya akan diadakan Musyawarah Nagari (MusNa) atau Musyawarah Nagari Khusus (MusNasus) di Nagari  untuk menetapkan KPM penerima BLT - DD tersebut.


"Jadwal MusNa/MusNasus belum ditetapkan,berkemungkinan secepatnya akan segera digelar untuk menetapkan penerima yang layak sesuai kategori menurut aturan yang ada,"terang Hapdaini kepada media ini jum'at malam (23/4/2021).


Semoga dengan kegiatan verifikasi/validasi yang dilakukan tim dari Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat ini mendapatkan keluarga Penerima Mamfaat (KPM) yang sesuai kategori dan benar-benar tepat sasaran,(red).[]


Dilaporkan Oleh : Novis Satria