Ketua DPRD Pasbar Pahrizal Hafni: Saya Tidak Mau Bertele tele Berikan Hak Masyarakat Selesai -->

Ketua DPRD Pasbar Pahrizal Hafni: Saya Tidak Mau Bertele tele Berikan Hak Masyarakat Selesai

Wednesday, 26 May 2021




Pasaman barat, Sumbar_(andalasrayanews.com)-Terkait dengan permasalahan antara Ninik Namak Langgam Kinali dengan pihak Perusahan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Laras Internusa (PT.LIN) yang berkedudukan di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatra barat.



Yang telah  dua kali di Pansuskan oleh komisi satu DPRD Pasbar, dalam hal ini Ninik Mamak beserta masyarakatnya Langgam Kinali, merasa di rugikan oleh kebijakan dari pihak perusahaan PT. Laras inter nunsa ( LIN ) yang di nilai tidak pernah merealisasikan  apa yang telah menjadi kewajibannya terhadap masyarakat kinali atas tanah ulayat mereka yang telah di garap oleh PT. LIN  semenjak tahun 2012 untuk perkebunan Kelapa Sawit.

Untuk pansus yang kedua kalinya masih di fasilitasi oleh Komisi satu DPRD Rusdi sE, Ketua komisi 1, pasaman barat di ruangan rapat  kantor dprd pasbar selasa 25/5/2021.

Di hadiri oleh ninik mamak dan sejumlah komponen masyarakat langgam kinali 
bersama ini ketua DPRD Pasbar dan dua wakilnya serta komisi satu ikut andil untuk memediasi sengketa tersebut bersama memperjuangkan hak hak masyatakat Langgam Kinali .

Setelah dua kali di pansuskan oleh komisi satu DPRD pasbar dengan pihak ninik mamak dan perusahaan dalam waktu yang berbeda.
untuk pansus yang kedua kalinya ini komisi satu DPRD Pasbar, Ninik Mamak beserta cucu kemenakannya sangat berharap terealisasinya keputusan yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak antara ninik mamak dan cucu kemenakannya bersama pihak perusahaan PT.LIN.

Namun pada akhirnya hasil Pansus komisi satu dengan pihak Perusahaan yang di hadiri rutusan cucu kemenakan ninik mamak langgam kinali sangat kecewa dengan pihak perusahaan atas keputusan yang di sampaikan melalui pihak kuasa hukum perusahaan.

Semua poin poin yang di bacakan oleh kuasa hukum perusahaan tak satu poinpun memberi celah mengarah apa yang telah di tuntut masyarakat langgm kinali.

Pada hal tuntutan ninik mamamak dan cucu kemenakannya adalah hal yang wajar.
ninik mamak langgam Kinali meminta agar pihak perusahaan memberikan apa yang telah menjadi hak mereka seperti memberikan perkebunan plasma se luas 20 persen dari luas tanah ulayat masyarakat kinali yang telah di garap oleh PT. LIN

Untuk memberikan apa yang di tuntut masyarakat langgam kinali,perusahaan terkesan enggan memenuhi tuntutan itu pada hal itu sudah kewajiban perusahaan untuk merealisasikan yang telah sesuai dengan uu yang berlaku.

Pt. Lintas inter nusantara ( PT. LIN )  berkelit  dengan meng otak atik uu untuk menolak tuntutan masyarakat Kinali tersebut

Segenap ketua DPRD Pasbar Pahrizal Hafni dan dua wakilnya H.Dalius.K Hendra Yama Putra , serta komisi satu sangat kecewa dengan pihak perusahaan.

Pada hal sebelumnya Pahrizal Hafni pernah meminta kepada pihak perusahaan agar untuk mediasi yang kedua kali ini harus di hadirkan direktur pihak perusahaan yang bisa mengambil keputusan mutlak.

Namun pihak perusahaan tidak menunjukkan niat baiknya dan terkesan tidak menghargai kami selaku wakil masyarakat pasaman barat.
malahan dalam hal ini pihak perusahaan  hanya memberikan kuasa kepada kuasa hukumnya.

Ketua DPRD Pasbar Pahrizal Hafni menyampaikan secara gamblang di permukaan ruang mediasi. 
Di ruangan ini bukan di ruang pengadilan, tapi ruang bamus yang di fasilitasi wakil rakyat untuk mediasi secara kekeluargaan.

Jadi kita tidak perlu berdalih dengan UU 
saya pernah ingatkan untuk mediasi yang kedua kali ini harus jelas titik terangnya.
Saya di sini sebagai wakil rakyat harus berjuang untuk rakyat 
Saya tidak mau bertele tele dalam hal ini, bila permasalahan ini terus di Pansuskan akan banyak pihak yang dirugikan.masyarakat. pihak perusahaan sementara kita dari komisi satu masih banyak persoalan di pasaman barat yang harus di selesaikan 
Pungkas Pahrizal Hafni.

Semuanya sudah jelas, serahkan hak hak masyarakat selesai, apabila hal ini tidak di penuhi saya akan terus berjuang bersama masyarakat atas hak hak mereka apapun konsekwensinya tambah Pahrizal Hafni lagi.

Sementara kedua wakil ketua DPRD Daliyus dan Hendra Yama juga memberi saran yang sama kepada pihak perusahaan.

Ketika media ini menemui ketua dprd pasaman barat parizal hafni,st untuk kompermasi terkait  permasalahan  tersebut.

Parizal mengatakan," Ketua umum partai gerindra prabowo subianto merekomendasikan kepada bawahannya termasuk saya sebagai ketua DPRD Pasbar dari Partai Gerindra 
Menyangkut permasalahan dengan perusahaan, kami wajib membela hak hak masyarakat yang terabaikan oleh perusahaan.

Kami akan perjuangkan sepenuhnya selagi itu tidak melaggar uu dan aturan yang berlaku jelas parizal.

.

( Yulisman )