Kenagarian Air Haji Tenggara Pessel Renovasi 8 Rumah Warga dan Bangun 8 Jamban Umum -->

Kenagarian Air Haji Tenggara Pessel Renovasi 8 Rumah Warga dan Bangun 8 Jamban Umum

Thursday, 29 July 2021

 



PESISIR SELATAN, andalasrayanews.com-- Untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, walinagari Air Haji Tenggara kecamatan Linggo Sari Baganti Pesisir Selatan memberi bantuan renovasi rumah warga sebanyak 8 buah dan membangun 8 jamban umum di tiap-tiap kampung yang berada di bawah kenagarian.


"Untuk saat ini, bantuan masing-masing rumah anggarannya diambilkan dari dana desa anggaran tahun 2021 senilai Rp. 20 juta per satu rumah dan untuk masing-masing jamban anggarannya Rp. 4 juta per satu jamban. Satu kampung kita renovasi 2 rumah dan membangun 2 jamban" ungkap Erdifan Dt. Mangkuto Basa selaku walinagari.



Menurut walinagari, pihak kenagarian sudah mengajukan proposal tahun ini ke kabupaten untuk renovasi 60 rumah dan masih menunggu kabar dari pemda. Diharapkan masyarakat bersabar, mengingat beberapa anggaran di kabupaten sebagian diperuntukkan penanganan covid. Semoga apa yang melanda negeri kita ini lekas selesai.


Adanya program bantuan renovasi rumah dan membangun jamban umum ini, walinagari berharap mampu meningkatkan salah satunya kesejahteraan dan kebersihan masyarakat. Dan tentunya harapan terbesar pihak kenagarian, masyarakat mampu menjaga apa yang sudah dibangun oleh pemerintahan nagari.


Selain program renovasi rumah dan membangun jamban umum, pemerintah kenagarian bekerjasama dengan kabupaten sedang membangun program bantuan Pamsimas yang sesang berjalan dan akan selesai dalam waktu dekat. Dengan adanya Pamsimas ini, diharapkan masyarakat mampu meningkatkan kebersihan juga.


Liputan: Sulthan Indra