-->

MEDIA NETWORK

Iklan

Gubernur Ansar Pimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara Tingkat Provinsi Kepri

Tuesday, 21 December 2021, December 21, 2021 WIB Last Updated 2021-12-21T03:35:52Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Kepri, andalasrayanews.com..Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke-73 Tahun 2021 menggelar upacara bersama di lapangan kompleks perkantoran Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Senin (20/12). Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad menjadi inspektur upacara tersebut sekaligus membacakan pidato Presiden Joko Widodo sempena Hari Bela Negara.


Dalam pembacaan pidato Presiden, Gubernur Ansar mengatakan peringatan Hari Bela Negara tahun ini mengusung tema “Semangat Bela Negaraku, lndonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Tema tersebut mengisyaratkan kita untuk terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju lndonesia Maju.


“Tantangan yang kita hadapi  di masa pendemi Covid-19 sekarang tidaklah mudah. Situasi seperti ini memerlukan daya juang kita sebagai bangsa, yang memerlukan kerja keras bersama agar mampu melewati masa sulit ini,” ujar Gubernur.




 


Sebagai bangsa yang besar, Gubernur Ansar melanjutkan masyarakat harus mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan. Kita harus menjawab itu semua dengan inovasi dan karya nyata. Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi, dan berprestasi di tengah pandemi Covid-19. Kita harus menangkan masa depan kita, dan kita wujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa dengan semangat bela negara.


Bela negara adalah tekad, sikap, dan perilaku serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Nilai-nilai dasar bela negara tersebut adalah cinta tanah air; sadar berbangsa dan bernegara; setia pada Pancasila sebagai ideologi negara; rela berkorban untuk bangsa dan negara; serta kemampuan awal bela negara. Implementasi dari 5 (lima) nilai dasar bela negara inilah yang harus terus dikembangkan dalam setiap kesempatan.


“Saya ingin mengajak seluruh masyarakat sebagai bagian dari komponen bangsa Indonesia untuk bersama-sama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik lndonesia (NKRI) dengan semangat bela negara,” tutur Gubernur.


Presiden Joko Widodo melalui Gubernur Ansar menginginkan momentum hari bela negara dihayati untuk meningkatkan semangat bersama dalam membela negara dan membangun bangsa. Bangsa ini akan kuat dan besar, apabila semua rakyat mampu mengambil peran untuk menjadikan bangsa ini lebih maju lagi. Perkokoh semangat bela negara dan bahu membahu, saling bergandeng tangan dalam menghadapi pandemi Covid-19.


“Mari kita tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang kuat. Bukan hanya mampu menghadapi perang terhadap Covid-19 serta tantangan bangsa lainnya, tetapi bangsa yang mampu memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan,” tegas Gubernur.


Pada upacara tersebut pula, untuk lebih mendalami peringatan hari bela negara, Gubernur Ansar memberikan penghargaan pada pemenang tenaga kesehatan dan non kesehatan teladan tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2021.



Piagam penghargaan diberikan Gubernur Ansar kepada tenaga kesehatan RS seperti dokter, bidan, dan perawat dari berbagai RSUD di Kepri. Lalu Gubernur Ansar juga memberikan piagam penghargaan kepada tenaga non kesehatan seperti petugas pemulasaran jenazah, tenaga laundry RS, dan supir ambulans. Terakhir Gubernur Ansar memberikan piagam penghargaan serupa kepada beberapa tenaga kesehatan puskemas.


Upacara tersebut diikuti oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kepri Lamidi, para asisten dan staf ahli Gubernur, seluruh kepala OPD di lingkungan Pemprov Kepri, dan perwakilan ASN dari masing-masing OPD Pemprov Kepri.

Komentar

Tampilkan

Terkini