-->

MEDIA NETWORK

Iklan

Pastikan Ibadah Natal Aman, Kapolres Pasbar Lakukan Pengecekan Gereja Gereja

Saturday, 25 December 2021, December 25, 2021 WIB Last Updated 2021-12-25T09:20:10Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini





Pasbar, andalasrayanews.com. - Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K., M.M hari ini melakukan pengecekan ke gereja HKBP Jambak dan Gereja Khatolik ST Yohanes Pembabtis Ophir di Kabupaten Pasaman Barat. Pengecekan dilakukan untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal berjalan damai.


"Hari ini kegiatan pemantauan yang kami lakukan di gereja, dalam rangka untuk menjamin dan meyakinkan bahwa pelaksanaan ibadah hari ini bisa berjalan aman, lancar, sehingga saudara-saudara kita yang beragama nasrani bisa lebih tenang, lebih khusyuk dan lebih nyaman untuk melaksanakan ibadah," ungkap Kapolres, Sabtu (25/12/).


M. Aries mengatakan, pihaknya bersama jajaran hari ini melaksanakan pengamanan pada 17 gereja yang tersebar di wilayah Kabupaten Pasaman Barat. Hal itu untuk menjamin keamanan umat Nasrani dalam menjalankan ibadah Natal.


"Kami akan terus melaksanakan patroli agar wilayah ini dapat terjamin keamanan selama saudara saudara kita beragama nasrani menjalankan ibadah," ujarnya.


Sementara itu, Kapolres mengatakan pihaknya mempertebal kekuatan personel di gereja yang jumlah jemaatnya cukup banyak, hal ini dilakukan agar pelaksanaan pengamanan dapat berjalan dengan aman dan tertib. 


"Kita lihat hari ini, nggak sama kekuatannya. Mana gereja yang jemaatnya banyak, itu kita pertebal kekuatannya, kami beserta jajaran menerapkan _body system_ dalam pelaksanan pengamanan ibadah Natal pada tahun ini," sambungnya.


M. Aries juga menjelaskan ada perbedaan pengamanan gereja saat ini. Hal itu disebabkan saat ini kita sedang di masa pandemi Covid-19. Jemaat yang datang dibatasi 25 persen dari kapasitas normal agar gereja tidak menjadi _cluster_ Covid-19 yang baru.


“Kami mengimbau pihak gereja melakukan pengamanan internal saat ibadah Natal. Hal itu seperti memeriksa para jemaat dan menyiapkan Satgas Covid-19.


Pada saat Kapolres Pasaman Barat melakukan pengecekan pengamanan di gereja Khatolik ST. Yohanes Pembabtis Ophir, terlihat pengamanan dilakukan oleh pemuda dari Organisasi Karang Taruna Ophir.


“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan pemuda Karang Taruna Ophir, ini merupakan wujud toleransi antar umat beragama yang kuat,” ungkapnya.


Setelah melaksanakan pengecekan pengaman perayaan ibadah Natal di gereja-geraja, Kapolres Pasaman barat langsung meninjau kesiap-siagaan personel Polres Pasaman Barat di Pos Pengaman Natal-2021 dan Tahun Baru-2022, yang berada di Pasar Tempurung Kecamatan Kinali bersama Kasat Intelkam AKP Teguh Priyatno, S.H


 (HmsRsPb/ red)

Komentar

Tampilkan

Terkini