-->

MEDIA NETWORK

Iklan

Bupati Pasbar Tegaskan Prioritas Pembangunan Dalam Forum Konsultasi Publik RKPD 2023

Thursday, 20 January 2022, January 20, 2022 WIB Last Updated 2022-01-20T11:01:41Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini




Pasbar, andalasrayanews com-- Tahun 2023 merupakan tahun ketiga bagi Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dalam mengupayakan pencapaian visi Kabupaten Pasaman Barat yaitu "Mewujudkan Pasaman Barat yang Bermartabat, Agamais, Maju dan Sejahtera". Dalam upaya pencapaian visi tersebut telah ditetapkan program unggulan yang menjadi fokus dan prioritas pembangunan Kabupaten Pasaman Barat lima tahun kedepan.


"Program unggulan tersebut adalah program Pasaman Barat Mengaji, Pasaman Barat Sehat, Pasaman Barat Cerdas dan Pasaman Barat Maju dan Sejahtera. Oleh karena itu, penyusun RKPD tahun 2023 harus fokus pada upaya pencapaian program-program unggulan yang telah ditetapkan," tegas Bupati Pasbar Hamsuardi dalam Forum Konsultasi Publik rancangan awal RKPD Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2023, di aula kantor bupati, Kamis (20/1).


Demi penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2023 bupati meminta adanya masukan dan saran yang bersifat konstruktif dari peserta forum, sehingga rencana pembangunan tahun 2023 dapat tersusun dengan memperhatikan seluruh aspek kebutuhan agar mampu mengatasi permasalahan pembangunan yang hadapi.


Ia menjelaskan, bahwa dalam pencapaian visi Kabupaten Pasaman Barat tahun 2023, Pemerintah daerah masih dihadapkan pada pandemi Covid-19 sehingga berbagai aspek kehidupan terutama bidang perekonomian masih belum kembali normal.


"Akibat pandemi ini kemiskinan juga semakin meningkat, dimana pada tahun 2021 berdasarkan data BPS tercatat tingkat kemiskinan di Pasbar berada pada angka 7,51 % yang naik dibandingkan tahun sebelumnya pada angka 7,04%. Tentu ini menjadi fokus dan prioritas kita dalam perencanaan pembangunan tahun 2023 ini,"ungkapnya.


Untuk itu, Lanjutnya, penyusunan RKPD Tahun 2023 hendaklah memperhatikan kondisi-kondisi yang dialami oleh masyarakat saat ini, memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat, mengupayakan pembangunan infrastruktur yang memberikan daya ungkit perekonomian daerah, merancang program-program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sehingga ekonomi masyarakat dapat berkembang.


"Demi suksesnya pembangunan daerah kita sangat dibutuh peran dan kontribusi dari stakeholder diluar pemerintahan untuk memberikan peran aktif terhadap kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di masa yang akan datang, baik kontribusi dari instansi vertikal, para pengusaha, penggiat pemberdayaan masyarakat maupun dari perusahaan untuk ikut memberikan peluang kerja baru, program-program CSR perusahaan, alih teknologi sederhana yang bermanfaat di masyarakat, maupun upaya-upaya untuk menciptakan keamanan dan ketertiban daerah sehingga ikut membantu efektifitas program-program pembangunan daerah,"terangnya.


Disamping itu, Peran masyarakat terhadap pembangunan daerah juga sangat diharapkan melalui dukungan terhadap program kegiatan yang dilaksanakan pemerintah pusat maupun daerah dan juga diharapkan partisipasi aktif dalam kewajiban membayar pajak dan retribusi daerah. "Dukungan ini sangat besar artinya bagi pembangunan dan sekaligus sebagai wujud keikutsertaan dalam pembangunan daerah,"ujarnya.


Sementara itu, Kepala Bappeda Pasaman Barat Harnina Syahputri mengatakan, target kinerja pembangunan adalah berdasarkan visi dan misi, serta tujuan dan sasaran pembangunan 2021 - 2026, yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional dan inovatif, membangun SDM yang beriman dan bertaqwa, berbudaya dan berdaya saing,  selanjutnya mewujudkan perekonomian yang tangguh, berdaya saing dan inklusif.


"Dalam mencapai misi tersebut kita memiliki sejumlah program unggulan atau rencana prioritas pembangunan Pasbar 2023 seperti, Pasbar Sehat, Pasbar Cerdas, Pasbar Mengaji, dan Pasbar Maju dan Sejahtera," terang Harnina.


Selain itu, Harnina menyampaikan terdapat beberapa proyek strategis kabupaten Pasaman barat, yakni Pelabuhan Teluk Tapang Air Bangis, lanjutkan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Ujung Gading, dan RSUD Pasaman Barat.

Komentar

Tampilkan

Terkini