-->

MEDIA NETWORK

Iklan

Lomba Cerdas Qur'an Tingkat SD dan SMP se Pasbar, Ini Kata Bupati Hamsuardi

Monday, 21 February 2022, February 21, 2022 WIB Last Updated 2022-02-21T13:21:58Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini




Pasbar, andalasrayanews.com -- Kegiatan ini secara tidak langsung diperintahkan oleh Allah SWT disela-sela kesibukan kita semua, upaya kita bagaimana agar anak-anak kita di Pasaman Barat cerdas Al-Quran. Jika sudah cerdas, InsyaAllah kita akan selamat dunia akhirat.


Hal tersebut disampaikan Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi didampingi stakeholder terkait, pada lomba Cerdas Al-Qur'an tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Pasaman Barat tahun 2022 yang terselenggara atas kerjasama Pemda Pasbar dengan Padang TV, Senin (21/2) di Aula kantor bupati Pasbar.


Dalam sambutannya, Bupati Pasbar Hamsuardi mengapresiasi kegiatan Cerdas Qur'an yang diselenggarakan Padang TV di Kabupaten Pasaman Barat itu. Ia menceritakan, program cerdas Al-Qur'an tersebut sudah lama ia impikan. Sebagai pendukung program keagamaan lainnya seperti magrib mengaji, sholat berjamaah, jumat berkah dan tahfizh Al-Qur'an. Ia berharap kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya.


"Kegiatan ini sangat mendukung visi misi kita dalam bidang keagamaan. Kegiatan ini mendukung program magrib mengaji dan program tahfizh yang selalu kita bicarakan disetiap pertemuan. Ketika tiga bulan lalu, Padang TV datang untuk mengutarakan kegiatan ini, tentunya saya sangat senang. Beberapa diantara kita bahkan menangis, terharu dengan apa yang dilakukan anak-anak kita dalam menghafal Al-Qur'an," ucap Hamsuardi.


Program seperti ini lanjutnya, merupakan target dirinya sebagai bupati kepada semua masyarakat Pasbar agar menjadikan Al-Qur'an ada di hati setiap orang. Al-Qur'an sebagai pedoman hidup harus selalu dibaca, dihafal, dan diamalkan.


"Kita berdoa bagaimana daerah kita betul-betul menjadikan Al-Qur'an ada didalam hatinya. Jika setiap orang membaca Al-Qur'an maka kehidupan akan tentram. Tentunya target kita di tahun 2036, 30 persen masyarakat Pasbar harus menjadi penghafal Al-Qur'an", tegasnya.


Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasbar Pramana Yose mengucapkan terimakasih kepada bupati beserta rombongan yang telah mendukung kegiatan Cerdas Qur'an di Pasbar. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Padang TV, kepada panitia, sponsor serta kepada pihak sekolah dan para guru.


"Pertama, ucapan terimakasih kita ucapkan kepada bapak bupati beserta jajaran yang telah mendukung kegiatan kita ini. Terimakasih juga kepada Padang TV, disini kami Dinas Pendidikan hanya sebagai penyedia tempat dan penghubung kawan-kawan kita di sekolah-sekolah," ujar Pramana Yose.


Kegiatan ini lanjutnya, adalah bagian dari visi misi bupati Pasbar. Program keagamaan telah dilaksanakan seperti magrib mengaji, dan program tahfizh yang dimulai hari ini di tingkat SD dan SMP se Pasbar. Kegiatan Cerdas Qur'an diikuti oleh 195 grup/tim yang berasal dari SD dan SMP. Babak pertama dimenangkan oleh grup E yaitu dari SD El- Maarif dengan skor 170. 


"Alhamdulillah di Kabupaten Pasbar ini kita telah melaksanakan magrib mengaji. Ekskul wajib tahfizh di SD dan SMP yang rencana kita masukan ke kurikulum juga kita mulai hari ini. Tepat di jam 12 siang seluruh sekolah SD dan SMP di Pasbar serentak mengaji dan menghafal Al-Quran. Namun, sementara ini masuk pembiasaan dulu. Semoga anak-anak kita semangat menjadi penghafal Al-Quran", tangkas Pramana Yose.


Diakhir kegiatan pembukaan Cerdas Al-Qur'an, Bupati Hamsuardi memberikan hadiah sejumlah Rp. 1.260.000 kepada peserta beserta bonus babak perlombaan lainnya.

(Dkf)

Komentar

Tampilkan

Terkini