-->

MEDIA NETWORK

Iklan

Menyambut HUT Basarnas ke 50, Basarnas Medan Lakukan Penanaman Mangrove

Saturday, 5 February 2022, February 05, 2022 WIB Last Updated 2022-02-05T12:24:19Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini




Langkat, andalasrayanews.com..Memeriahkan HUT Basarnas ke-50 yang jatuh pada tanggal 18 Februari 2022 nanti, Kantor SAR Medan (Basarnas Medan) melaksanakan penanaman Mangrove, 05/02/2022.


Penanaman Mangrove yang dilaksanakan siang tadi bertempat di Desa Pasar Rawa, Kecamatan Gebang Kab. Langkat tidak hanya dilaksanakan pegawai Kantor SAR Medan namun juga melibatkan Potensi SAR dan pemerintahan setempat, yaitu Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor SAR Medan, Perwakilan dari Koramil 12 Gebang, Plt. Kepala Desa Pasar Rawa, RAPi, Komunitas Peduli Mangrove Pasar Rawa, Mahasiswa/i UPMI, RBBS (Relawan Bergerak Bencana dan Sosial) dan Masyarakat setempat.


Dalam Sambutannya, Kepala Kantor SAR Medan, Toto Mulyono, S.E mengatakan " Dalam Rangka Memperingati HUT ke 50 Basarnas yang jatuh pada tanggal 28 Februari 2022, Basarnas melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan, diantaranya Kompetisi Olahraga, Sarasehan, Donor Darah, bakti sosial dan salah satunya ialah Penanaman Mangrove. Tanaman Mangrove berfungsi sebagai pencegah abrasi dan pengikisan kawasan pesisir pantai dimana ekosistem Mangrove juga menjadi tempat hidup bagi biota laut dan satwa-satwa lainnya. Tujuan kegiatan Penanaman Mangrove yang dilaksanakan secara serentak seluruh UPT di Indonesia ini yaitu untuk merehabilitasi kawasan pesisir, selain itu sebagai bentuk kepedulian dalam pelestarian lingkungan dan ekosistem serte mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional sesuai arahan Presiden Republik Indonesia."


Toto juga menambahkan "kegiatan baik seperti ini saya harap tidak hanya dilaksanakan secara seremonial seperti ini tapi ada hal yang bisa kita lakukan secara berkesinambungan antara Kantor SAR Medan dengan Masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir terlebih kita akan lakukan sinergitas dan Koordinasi yang baik terhadap komunitas atau Pemerhati Mangrove agar para Komunitas ini juga kita bekali suatu pelatihan seperti Water Rescue dimana saudara kita ini tinggal dan beraktivitas yang berkaitan dgn air, sehingga output dari pelatihan itu nantinya bisa menjadi bekal bilamana terjadi sesuatu saat beraktivitas di air mereka bisa bertahan bahkan bisa jadi Rescuer untuk org lain". Tambahnya.


"saya juga berterimakasih kepada semua unsur yang terlibat pada hari ini, ini bentuk bagaimana kita semua peduli dan sayang terhadap lingkungan sekitar kita dan sebagai bentuk dukungan kepada Kantor SAR Medan yang pada hari ini melaksanakan Penanaman Mangrove". Ucapnya.

(Eka Wardani)

Komentar

Tampilkan

Terkini