-->

MEDIA NETWORK

Iklan

Beragam Pendapat Bermunculan Pro dan Kontra Tentang Pemilihan Umum 2024 Perlu Tidak Ditunda

Sunday, 20 March 2022, March 20, 2022 WIB Last Updated 2022-03-20T16:00:44Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini




Asistant Profesor, Mohammad Mara Muda Hermam Sitompul, S.H., M.H.*


Dosen Tetap Fakultas Hukum & Sosial Universitas Mathla'ul Anwar Banten.

Dosen luar biasa lintas Jabodetabek- Banten.

Dosen Terbang PKPA DPN PERADI.

Wasekjen DPN PERADI.

Wasekjen DPP IKADIN.

Ketua DPC PERADI Pandeglang - Banten

Ketua DPC IKADIN Serang.

Sekretaris Jenderal DPP Projanin dan Dirjen BPP Balnas Projamin.


Saya mencoba menulis dari sudut pandang psikologis kebatinan, sebagai Guru dsn Dosen sejak Tahun 1986 Alumni Universitas Negeri Jakarta sudah mengajar semua jenjang pendidikan  kecuali TK dan SD belum saya ajar untuk tingkatan starata 1 tebtu sedikit dan banyak memahami ilmu kejiwaan, pengamat sosial hukum dan budaya.

Saya tidak akan membahas dari sudut pandang Yurudis ketatanegaraan sudah banyak membahas itu dibidang pakarnya perlu tidak itu Pemilihan Umum di tunda tidaknya ? Jika di tinda apa legal stending nya dsbnya sudah di paparksn dsn di bahas oleh Pakar Hukum Tata Negara Prof.Yusril Izha Mahendara dan Dr.Fahri Bachmid secara terang dan profesional untuk itu.


Saya coba bahas dalam tulisan sederhana ini dari sudut pandang Psikologis dampaknya bagi bangsa jika Pemilihan Umum di tunda 2024 ini.


Saya pinjam pendapat " Prof.Koentjaraningrat, biasa dipanggil Prof.Koen, tahun 1974 mengungkapkan mentalitas manusia Indonesia yang menghambat pembangunan dalsm buku nya " Kebudayaan mentalitas dan Pembangunan " 47 tahun lalu, Prof. Koen menyebut sifat- sifat menghambat pembangunan yakni.:


1.Mentalitas yang meremehkan mutu.

2.Mentalitas suka menerabas.

3.Sifat tidak percaya kepada diri sendiri.

4.Sifat tidak berdisiplin murni dan.

5.Sifat tidak bertanggung jawab.


Tentu beliau juga tidak sembarangan berpendapat melaku penelitiannya ahli antrologi dibidang nya


Saya kwatir jika Pemilihan Umum di undur menimbulkan gejolak, anarkis dan akan menimbulkan  anarkis yang lihat peristiwa 1998 tahum lalu jatuh rezim Pemetintahan Ode Baru di bawa kepemimpinsn Presiden Soeharotu tumbang berkat perjuangsn mahasiswa kita bersama- sama tokoh reformasi saya cukup faham kondisi bsngsa inii dilanda pedemi covid 19 hsmpir semua negara mengalaminya, apapun cerita Pemilihsn Umum harus tepat waktu diharapkan pada penyelenggara negara memperhatikan ini demi bangsa dan negara ini.


Demikian tulisan sederhana ini semoga ada manfaatnya meskipun belum sempurna.

Komentar

Tampilkan

Terkini