-->

MEDIA NETWORK

Iklan

Wakil Bupati Pasbar Resmi Membuka (Musrenbang) RKPD Tahun 2023

Tuesday, 29 March 2022, March 29, 2022 WIB Last Updated 2022-03-29T10:56:02Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini





Pasbar, andalasrayanews.com -- Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto, secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, Selasa (29/3) di Aula kantor bupati Pasbar. Musrenbang RKPD 2023 mengangkat tema "Peningkatan Produktivitas Sektor Unggulan Untuk Pemulihan Ekonomi yang Inklusif dan Berketahanan".


Turut hadir dalam Musrenbang RKPD 2023, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Pasbar, Kepala OPD, Organisasi Wanita, Organisasi Pemuda, Perbankan, Bundo Kanduang, Ninik Mamak beserta stakeholder terkait lainnya. 


Wakil Bupati Risnawanto dalam sambutannya mengatakan, ada beberapa prioritas pembangunan dalam mewujudkan peningkatan produktivitas sektor unggulan untuk pemulihan ekonomi yang inklusif dan berketahanan.


"Terdapat 7 prioritas pembangunan, diantaranya peningkatan kualitas pelayanan bidang kesehatan dan pendidikan, peningkatan infrastruktur dasar dan mitigasi bencana, meningkatkan produktivitas dan nilai tambah pertanian peternakan dan perikanan, pengentasan kemiskinan, mendorong pertumbuhan dan pemulihan dunia usaha dan ekonomi kreatif, peningkatan pengamalan ajaran agama serta penongkatan tata kelola pemerintahan yang baik,"ungkap Risnawanto.


Saat ini lanjutnya, Pasbar masih tahap pemulihan pasca bencana gempa yang menyebabkan banyak kerusakan. Data yang diterima dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pasbar total permukiman yang mengalami kerusakan sebanyak 4.666 unit. Untuk itu, Pemda Pasbar menyusun rencana rehabilitasi, rekonstruksi dan pembangunan pasca bencana.


"Banyak kerusakan yang terjadi pasca gempa pada 25 Februari lalu, dan untuk menindaklanjuti hal tersebut, Pemda menyusun Rencana Rehabilitasi, Rekonstruksi dan pembangunan pasca bencana seperti Huntara dan Huntap, serta pembangunan sarana ibadah, pendidikan, perkantoran, jalan dan jembatan,"ucapnya.


Untuk suksesnya pembangunan daerah, kata dia, dibutuhkan peran aktif dan kontribusi dari seluruh stakeholder yang ada untuk ikut memberikan bantuan terhadap kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dimasa yang akan datang. Peran masyarakat juga sangat diharapkan melalui dukungan terhadap program kegiatan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.


Sementara itu, Kepala Bappeda Harnina Syahputri menjelaskan Musrenbang RKPD Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2023 ini diharapkan dapat menghasilkan keluaran diantaranya, Permasalahan dan prioritas pembangunan daerah, berupa Program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi. Serta, menghasilkan Berita Acara Kesepakatan hasil Musrenbang RKPD Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2023.


Peserta Musrenbang RKPD Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2023 lebih kurang sebanyak 150 orang dari berbagai lembaga, instansi, organisasi serta lainnya. Narasumber terdiri dari Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Kepala BPKD Kabupaten Pasaman Barat serta Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman Barat.


"Peserta Musrenbang kali ini terdiri dari lebih kurang 150 orang terdiri dari anggota DPRD Provinsi Sumatera, Pimpinan dan Ketua Komisi DPRD Kabupaten Pasaman Barat, Para pimpinan instansi / dinas /Badan/ Perguruan Tinggi/Perbankan, Camat, Instansi Vertikal, Wali Nagari, LSM, Organisasi Masyarakat, Organisasi Profesi dan undangan lainnya," sebut Harnina Syahputri.

Komentar

Tampilkan

Terkini