-->

MEDIA NETWORK

Iklan

Perpres RI No.87/2022, IAIN Padangsidimpuan Alih Status Menjadi UIN Syahada

Saturday, 11 June 2022, June 11, 2022 WIB Last Updated 2022-06-11T15:48:48Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Muhamad Darwis Dasopang, M.a.g


Padang Sidempuan , andalasrayanews.com.Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) PADANGSIDIMPUAN bertansformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Ali Hasan Ahmad Addary (SYAHADA)  berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia No 87 Tahun 2022 tertanggal 8 Juni 2022. Seluruh civitas akademika juga keluarga besar IAIN Padangsidimpuan mendapatkan berita dengan ditetapkan IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN Syahada oleh keputusan presiden," ucap Rektor IAIN Padangsidimpuan Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag., Jum'at (10/6).


Keberhasilan perjuangan ini adalah berkat kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas kita semuanya. Kita juga berterima kasih kepada seluruh civitas akademika juga stakeholders yang terus mendukung kita, semoga sinergisitas ini terus terbina dalam mewujudkan cita-cita bersama meningkatkan karakter generasi muda yang beriman dan bertaqwa serta cinta tanah air, ungkap Dr.H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag.


Tidak terlepas juga diungkapan bahagia dari mantan rektor IAIN sebelumnya Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL, "Alhamdulillah Rabb al-'Alamin semoga UIN Syahada ini menjadi pemacu semangat para pimpinan, dosen, pegawai serta karyawan dan mahasiswa untuk maju dengan semangat yang kuat menjadi Perguruan Tinggi Islam yang betul-betul berkualitas dengan daya saing yang kuat serta jadi kebanggaan umat,” ungkap Guru Besar tersebut.

“Pertama sekali kita merasa bersyukur dan bahagia atas di tandatanganinya Peraturan Presiden oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo. Terima kasih kepada seluruh civitas akademika IAIN Padangsidimpuan dengan kerjasama yang baik dalam dukungan moril dan dukungan kualitas individual dalam mewujudkan regulasi tersebut. Dengan terbitnya Perpres tentang regulasi ini merupakan cita-cita civitas akademika yang telah ditunggu sejak satu tahun yang lalu. Semua keberhasilan ini adalah keberhasilan kita semuanya,” ungkap Drs. H. Samsuddin, M.Ag (Kepala SPI).

“Saya berharap kepada civitas akademika dengan alih status dari IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN SYAHADA, mari kita tingkatkan pelayanan kepada masyarakat di semua bidang sehingga UIN SYAHADA menjadi mercusuar dalam bidang pendidikan utamanya di sekitar Tabagsel dan seterusnya melayani dunia internasional,” ujar Ali Murni, M.AP (Kepala Biro AUAK).  Sementara itu Hasanuddin Sipahutar, S.Pdi yang merupakan alumni STAIN Padangsidimpuan sebelum berubah nama menjadi IAIN Padangsidimpuan mengucapkan rasa terimakasih kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang telah menetapkan melalui peraturan presiden UIN Syahada dari IAIN Padangsidimpuan, ini merupakan lompatan besar dan trasformasi dunia pendidikan di Kota Padangsidimpuan khususnya dan pada umumnya di Tapanuli Bagian Selatan.


Hasanuddin yang merupakan mantan Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kota Padangsidimpuan juga mengucapkan terimakasih kepada Menteri Agama Republik Indonesia yakni Gus Yaqut Cholil Qoumas (Gusmen). "Kami aturkan ucapan terimakasih, dan saya mewakili alumni mengajak seluruh alumni untuk semakin kuat, guyup dan semangat bersama dalam peningkatan mutu pendidikan di Kota Padangsidimpuan dimana sekarang peralihan IAIN ke UIN sudah ditetapkan presiden," kata Hasan. 

Selanjutnya euphoria kesyukuran juga disampaikan dari Aprinal Anwar selaku Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa.“Alhamdulillahirabbilalamin, Saya perwakilan dari mahasiswa UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan mengucapakan terimakasih kepada bapak Presiden RI yang mengesahkan IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN SYAHADA, Mudah mudahan dengan dengan peralihan status ini UIN syahada bisa menjadi perguruan tinggi yang terbaik dan mampu bersaing dengan universitas Islam yang di seluruh Indonesia dan terus berkembang menjadi universitas Islam no satu se Indonesia,” pungkas Aprinal Anwar.

Seluruh civitas akademika masih juga berharap agar transformasi IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary segera diresmikan oleh Menteri Agama RI, Gus Yaqut Cholil Qoumas (Gusmen)

Rusnani Kesuma Hasibuan, S.Ag selaku Alumni STAIN Padangsidimpuan tahun 1992 mengucapkan Alhamdulillah sebagai rasa syukur terhadap Alih Status IAIN Padangsidimpuan menjadi UIN SYAHADA yang merupakan salah kemajuan dalam bidang Pendidikan di Kota Padangsidimpuan yang merupakan salah satu Kota di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (TABAGSEL), ujar Rusnani via phonselnya 10/06-2022. 


( Uba Nauli Hasibuan).

Komentar

Tampilkan

Terkini