-->

MEDIA NETWORK

Iklan

PT.PLS Angkat Kaki Dari Tanah Ulayat Parsadaan Rim Ni Tahi Haruaya Mardomu Bulung Tapsel

Saturday, 4 June 2022, June 04, 2022 WIB Last Updated 2022-06-04T15:15:44Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Tapanuli Selatan ,andalasrayanews.com.

PT. Panei Lika Sejahtera telah resmi angkat kaki atau meninggalkan  Lokasi Tanah Ulayah Parsadaan Rim Ni Tahi Haruaya Mardomu Bulung ( RTHMB ), Kec. Batang Angkola selaku Areal IUPHHK  seluar 12,4 ribu Hektar dengan diterima Pihak Perusahaan kayu tersebut Surat Peringatan Resmi dari Ahmad Kaslan Dalimunthe selaku Ketua Parsadaan Rim Ni Tahi Haruaya Mardomu Bulung sekitar pertengahan Bulan Mei 2022 lalu, tegas Astongam Harahap selaku Koordinator lapangan Parsadaan RTHMB pada DELIKNEWS.ID (17 /05-2022) di Angkola Selatan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Sejak 15 Februari  2022  Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu ( IUPHHK ) PT. Panei Lika Sejahtera  ( PLS ) di Lokasi Tanah Ulayat Parsadaan Rim Ni Tahi Haruaya Mardomu Bulung, Kec. Batang Angkola  telah berakhir.  Sejak  20 tahun lalu 14 Februari 2002  soal Bantuan atau Bina Desa atau CSR dari Perusahaan untuk Warga Desa terkesan tidak menyentuh untuk kepentingan umum seperti Infrastruktur (Perbaikan jalan), sementara Kayu Log dari Lokasi IUPHHK tersebut terus melewati Desa Gunung Baringin, Kec. Angkola Selatan, Kab. Tapanuli Selatan menuju Saw Mill di jalan Bay Pass , Kota Padangsidimpuan, Ujar Harahap.

Namun 2 atau 3  hari sebelum Warga melakukan Unjuk Rasa besar-besaran  15 Februari 2021 di Dusun Palang Mosa Julu, jalan menuju Desa Gunung Baringin diperbaiki oleh  PT PLS, karena di hari itu akan hadir dan datang Perwakilan Pemerintah Kab. Tapanuli Selatan, Pihak Kepolisian, dan Babinsa untuk mengankan Unjuk Rasa  yang berlangsung kondusip.

Ketua Parsadaan RIM NI TAHI HARUAYA MARDOMU BULUNG bersama warga telah menolak keras perpanjangan IUPHHK PT. Panei Lika Sejahtera yang terkenal di kalangan masyarakat Tapanuli Selatandengan gelar “ASENG NAGA”, namun Ketua dan warga masih berbaik hati agar terihung 2 – 3  bulan dari Februari 2022 seluruh Alat berat maupun Kayu yang tertinggal harus DIBERSIHKAN dari Tanah Ulayah Parsadaan Rim Ni Tahi Haruaya Mardomu Bulung selaku Lokasi IUPHHK PT. Panei Lika Sejahtera ( PLS ), sehingga sekitar 3 minggu sebelum Kelonggaran yang diberikan Ahmad Kaslan Dalimunthe selaku Ketua Parsadaan tersebut melayangkan surat resmi  kepada pihak PT. Panei Lika Sejahtera Agar Lokasi dikosongkan. Akhirnya Pihak Perusahaan Kayu PT. PLS yang terkenal dengan ASENG NAGA tersebut mengkosongkan Lokasi  dengan mengangkat seluruh Alat Berat, Mobil Truck Pengangkut Kayu dan truck Loging dan Kayu  Log di  dalam Lokasi,  karena ditakutkan timbul masalah baru. 

(uba).

Komentar

Tampilkan

Terkini