-->

MEDIA NETWORK

Iklan

Silek Bujang Sembilan Sariak Resmi Dibuka Bupati Pasbar Hamsuardi

Monday, 6 June 2022, June 06, 2022 WIB Last Updated 2022-06-06T06:52:02Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Pasbar, andalasrayanews.com -- Silek Bujang Sembilan Jorong Sariak Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat resmi dibuka oleh Bupati Pasbar Hamsuardi, Minggu (5/6) malam. Dalam kegiatan Halal Bihalal sekaligus Pembukaan Latihan Silek Bujang Sembilan tersebut, Bupati Hamsuardi menegaskan dukungan Pemerintah Daerah Pasbar untuk kegiatan yang mengandung unsur positif. Apalagi kegiatan itu bisa mengurangi kenakalan remaja dan menghabiskan energi untuk berolahraga.


"Silek sebenarnya berbeda dengan olahraga pada umumnya, karena silat ini sangat dekat kaitannya dengan kebudayaan dan agama" ujar Hamsuardi.


Silek bermanfaat untuk membentuk karakter kesabaran, silek juga merupakan bekal untuk merantau, dan untuk pertahanan nagari terhadap ancaman dari luar. Silek juga dapat sebagai sarana hiburan yang dipadukan dengan drama yang dinamakan Randai. Yang berisikan nasihat dan petuah dari nenek moyang yang diturunkan secara turun temurun.


"Dalam silek itu lebih banyak menghindar dari pada menyerang, dengan begitu bisa menghindari pertengkaran. Artinya dari situ kita banyak melatih kesabaran" kata Hamsuardi.


Bupati Hamsuardi meminta kepada anggota silek Bujang Sembilan untuk lebih giat dalam berlatih. Tidak boleh patah semangat, dan putus asa dalam berlatih.


"Jangan satu hari hadir satu hari libur pula. Jangan berhenti sebelum pandai, sehingga bisa menjadi manusia yang berguna di tengah masyarakat. Kalau sudah bisa bersilek, maka akan diperoleh kesabaran yang tidak akan terputus" ucap Hamsuardi.

Komentar

Tampilkan

Terkini