-->

MEDIA NETWORK

Iklan

Menakar Hari Raya Idul Adha 1443 H Tahun 2022

Sunday, 10 July 2022, July 10, 2022 WIB Last Updated 2022-07-10T08:19:30Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini




Oleh : Ustad Herman Sitompul, S.H., M.H.


Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 ini sering di sebut Hari Raya Haji alias Hari Raya Qur' ban hati raya ini adalah hari raya besar bagi Para Haji seluruh Dunia berkumpul di padang arafah Mekah tentu ada cerita atau sejarah nya ketika itu Nabi Ibrahim.AS. bermimpi berulang-ulang melalui malaikat pada waktu itu agar putra ke sayangannya agar agar disembelih bentuk ujian ketaqwaan nya mimpi itu disampaikan nya pada anak putra Ismail mimpi tersebut cerita mimpi itu lakukanlah Ayah kalau memang itu perintah dari Allah, SWT laksanakanlah saya siap dan rela itulah bentuk ketaatan seorang anak pada orangtua nya.


Sekarang kita dalam cerita dapat kita ambil hikmah nya : 


Kita harus taat pada Allah SWT kita harus taat pada kedua orang tua kita Ayah dan Ibu kita.


Kita sebagai hambah Allah harus taat seperti cerita perintah Nabi Ibrahim, AS dapat perintah untuk menyembelih anak putra ke sayangan nya.

Tanda bukti Nabi Ibrahim, AS. siap melaksanakan perintah itu. 


Akhirnya Nabi Ibrahim di usia 86 Tahun sedang di uji oleh Allah, SWT dengan iklas akhirnya Allah, SWT memerintahksn pada malaikat agar di ganti saja dengan seorang domba, sebenarnya Allah,SWT sekedar menguji sejauhmana keimanan Nabi Ibrahim, AS tersebut pendek kalimat sampai sekarang cerita ini selalu berulang-ulang para Ustad mengingatkan kita setiap qotbah Idul Adha setelah shslat Idul Adha baru lah kita menyaksikan pemotongan hewan Qur'ban setiap tahun nya bagi kita muslim yang mampu sebagai bentuk ibadah kita kepada Tuhan kita Allah, SWT.


Hikmah ibadah Haji/ Qur'ban ini antara lain sbb : 


1.Dengan ibadah haji Qur'ban memperdalam keimanan kita dan mengingatkan peristiwa berharga ini sejarah Nabi Ibrahim, AS.dapat perintah dari Tuhan kita agar anak putra nya Ismail di sembeli akhirnya di ganti dengan seekor domba untuk satu orang dan bisa juga dengan seekor hewan sapi dengan jatah 7 orang.


2.Dengan ibadah haji/ Qur'ban ini kita harus bisa mempunyai sifat dermawan, peka dan berbagi dengan sesama khusus nya saudara-saudara kita yang belum betuntung dan menjadikan mereka bagian dalam hidup kita dan satu kewajiban kita dalam kehidupan mereka.


Kesimpulannya dari tulisan singkat ini Mari kita sebagai orang tua agar mendidik anak-anak kita benar-benar beriman kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. sesuai dengan Rukun Islam salah satu dalam hidup kita usahakan minimal satu kali berangkat ketanah suci san juga jika kita mengaku Islsm taati rukun Iman tersebut.


Dengan ibadah Haji/Qur'ban ini kita membiasakan diri rela berkorban dalam arti seluas-luas nya, peka terhadap lingkungan masyarakat bangsa dan negara agar kita kelak jika kita wafat dalam husnul khotimah aamiin yarobil alamin.


Demikian semoga ada manfaatnya selamat hari raya idul adha 1443 h/ 2022 mohon maaf lahir dan batin, terakhir pada media terimakasih atas kerjasamanya.

Penulis : Ustad /Mubaliq/Da'i Dewan Akbar Indonesia ( DAI ) lulus tahun 2004.

Dosen Tetap FHS Universitas Mathla'ul Anwar ( Unma ) Banten sejak tahun 2003 sd sekarang.

Dosen Terbang PKPA DPN Peradi sejak tahun 2007 sd sekarang sudah mengajar 39 PTN dan PTS.

Anggota Dewan Pakar Jami' yah Batak Muslim Indonesia ( DPP JBMI ) dan Ketua DPW JBMI Provinsi Banten.

Direktur LBH Horas Bangso Batak ( HBB ) Provinsi Banten.

Direktur DPP LPBH PRTS Bidang Kaderisasi.

Wakil Sekretaris Jenderal DPN PERADI.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP IKADIN.

Ketua DPC PERADI Pandeglang.

Ketua DPC IKADIN Serang.


Komentar

Tampilkan

Terkini