-->

MEDIA NETWORK

Iklan

MPLS di SMK N 2 Padang Menghadirkan Harian Umum Rakyat Sumbar : Tentukan Langkah Masa Depan Pada Hari Ini

Saturday, 16 July 2022, July 16, 2022 WIB Last Updated 2022-07-15T18:37:40Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Foto : Syukri Umar Wakil Pemimpin Redaksi Harian Umum Rakyat Sumbar.


Tentukan Langkah Masa Depan pada Hari Ini!



Hari terakhir Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMK Negeri 2 Padang, Jumat (15/7), terasa spesial. Tak hanya mendatangkan tiga narasumber, tetapi ada lima pelajar dari SMK Negeri lainnya, menjalani magang jurnalistik dan melakukan peliputan di sekolah tersebut.

Pihak SMK Negeri 2 Padang menggandeng Harian Umum Rakyat Sumbar. Materi yang diberikan, terkait aktivitas terkini banyak orang yang cenderung tak lepas dari selular dan media sosial.

Dipandu Firman Wan Ipin, Praktisi Media Sosial Doddy Ardiansyah mengingatkan seluruh pelajar agar menggunakan media sosial secara bijak. Menjadikan media sosial sebagai bekal untuk kegiatan positif. Dikendalikan secara baik dan memberikan manfaat secara nyata.

“Jangan sampai kita diperbudak oleh media sosial, apalagi sampai berakibat buruk bagi kita yang menggunakannya," kata Doddy Ardiansyah, di aula SMKN 2 Padang.

Ia membeberkan sejumlah fakta, jika tidak bijak menggunakan media sosial, maka bisa berakibat buruk bagi pengguna mau pun lingkungannya. Sebaliknya, jika digunakan secara baik dan benar, maka media sosial akan bisa menjadi kekuatan tersendiri untuk sebuah lompatan prestasi dan penghidupan.

Doddy Ardiansyah menyebutkan beberapa contoh orang yang menjadi tersiksa oleh ulah kurang bijaknya menggunakan media sosial, tetapi sangat banyak pula orang sukses ketika mampu menggunakan media sosial secara baik.

“Tinggal kita saja yang memilih. Kita yang menentukan dengan sikap dan tindakan,” kata Doddy.

Tindak lanjut pembekalan kepada pelajar SMK Negeri 2 Padang, Firdaus Abie  menuntun siswa baru tersebut, agar memanfaatkan setiap peluang dengan langkah nyata. Ketika dihubungkan dengan media sosial yang ada di tangan mereka, maka harus disertai dengan materi (tulisan) atau konten-konten bermanfaat dan tidak menyalahi akidah atau aturan hukum yang ada.

“Kalau dalam bentuk tulisan, maka tulislah secara baik. Pahami kaidah penulisannya agar apa yang ditulis tidak bias, sehingga tidak melanggar aturan hukum,” kata Firdaus Abie sembari memberikan kiat-kiat praktis bagaimana agar bisa menulis secara baik dan mudah dipahami oleh semua orang.

Pemimpin Redaksi Harian Umum Rakyat Sumbar Sukri Umar menyebutkan, bijak menggunakan media sosial adalah sebuah keharusan yang mutlak bagi semua orang. Memiliki kemampuan menulis, sangat penting untuk hari ini dan masa datang. 

“Manfaatkan momentum, dan rebut kesempatan yang ada,” kata Sukri Umar.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, tim Harian Umum Rakyat Sumbar juga memboyong lima pelajar SMKN 7 Padang yang saat ini menjalani proses magang di koran ini. Kelimanya berasal dari jurusan televisi dan film. Kelimanya melaksanakan praktek jurnalistik televisi dan pembuatan film dokumenter singkat.

Wujud proses prakteknya, selain melakukan wawancara dengan pihak sekolah, pengurus OSIS dan siswa baru di SMKN 2 Padang, juga harus diikuti dengan pengambilan video yang baik dan benar. Mereka dipandu jajaran redaksi Harian Umum Rakyat Sumbar yang memiliki bekal jurnalistik media cetak, jurnalistik tv dan ada yang konten kreator di Youtube.

Menurut Dra Andriani M.Pd, Wakasek Bidang Manajemen Mutu, kegiatan ini merupakan kegiatan wajib setiap tahun bagi siswa kelas X agar mereka tahu tentang lingkungan sekolah.

“Hal lebih penting, mereka juga harus tahu target-target yang harus diselesaikannya selama di sekolah ini,” kata Adriani, kepada Hanifa Turrahmi dan Rahmi Anggreka Lapaega.

Rifki Putra Winanta, Wakil Ketua I OSIS SMKN 2 Padang, kepada Adelia menyebutkan harapannya, agar siswa baru, dapat mengenal SMKN 2 Padang lebih luas lagi, jika ada yang beranggapan peraturan SMKN 2 Padang longgar, berpikir ulanglah, sebab sesungguhnya peraturannnya sangat ketat. 

Sejumlah siswa baru yang ditemui Hegi Ratul Qosiah dan Gita Rozadi menyebutkan, beragam alasan masuk ke SMKN 2 Padang. Bagi Fitri, ia memilih SMKN 2 Padang karena sekolah ini memiliki pusat keunggulan dan dapat diandalkan untuk langkahnya menatap masa depan. 

Siswa lainnya, Amar Gauro selain melihat hal yang senada dengan Fitri, juga dari sudut disiplinnya. *

Komentar

Tampilkan

Terkini