-->

MEDIA NETWORK

Iklan

Prof , Dr.H.Adnan Buyung Nasution, SH, Layak di Usulkan Sebagai Pahlawan Nasional !

Friday, 15 July 2022, July 15, 2022 WIB Last Updated 2022-07-15T16:11:46Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Oleh : Advokat, Asisstant Proffesor, Mohammad Mara Muda Herman Sitompul, S.H., M.H.*

Tidak berlebihan jika saya secara pribadi sebagai kader IKADIN dan PERADI menulis tulisan sederhana ini ( Artikel ) untuk Abang kita Almarhum Prof.Dr.H.Adnan Buyung Nasution, S.H. atau Adnan Bahrum Nasution.

Beliau adalah seorang Pengacara/ Advokat dan Aktivis Indonesia, untuk kita usulkan kepada Pemerintah atau Presiden Republik Indonesia agar beliau layak di jadikan " Pahlawan Nasional " sebagai pejuang hukum, tokoh Advokat yang sudah melanglang buana di dunia persilatan Jaksa dan Advokat Indonesia.

Sebagai pejuang hukum, beliau pernah bertugas di kejaksaan, dengan menjadi seorang Jaksa yang bertugas di Kejaksaan Agung Republik Indonesia

Kemudian dia berpindah memasuki profesi Advokat, dan salah satu organisasi yang didirikannya  adalah Lembaga Bantuan Hukum ( LBH )
sekitar tahun 1970 dan pada tahun 2007 sampai dengan tahun 2009.


Almarhum Adnan Buyung Nasution ( ABN ) dilantik menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bagian Hukum ( Wikipedia ), pria kelahiran Jakarta, 20 Januari 1934, meninggal 23 September 2015 di Jakarta dan di makamkan di TPU Kalibata.

 Sewaktu pemakaman saya sempatkan hadir dengan kawan kawan Advokat senior dan kolega-kolega Advokat senior didikan beliau di LBH Jakarta/ YLBHI.

Seperti Todung Muliya Lubis, Luhut.M.P. Pangaribuan, Hotma Sitompoel, Hendry Yoso, Alm.Muhammad Asegaf dan lainnya.

Pemakaman dilaksanakan dengan upacara Meliter dengan insfektur Upacara kenegaraan karena beliau mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden jaman Presiden SBY.

Ketika itu dan sejumlah keluarga dan masyarakat turut mengantarkan ketempat peristirahatan nya yang terakhir.

Seperti diketahui beliau ABN adalah almamater UI,University of Melbourne, Unrecht Univrrsity.

Meninggal anak dengan anak Pia Ariestina Rananda Nasutioan, Tia Rananda Nasution,Rasyid Perkasa Alam Nasution, orang tua ABN adalah Ramlah Dougur, R.Rachmat Nasution dan adik kandung nya Samsi Nasution.

Kenapa tulisan ini tertuju pada si Abang Almarhum ABN saya melihat sepak terjang beliau,  berkenalan saya dengan beliau ketika ada Rapat Kerja Nasional ( Rakernas ) IKADIN di Jakarta 

 Saya utusan dari DPC IKADIN Bekasi turut hadir pada tahun 1996 sekaligus ada acara diskusi evaluasi 15 Tahun KUHAP.

Pada waktu dan saya sebagai Advokat Muda pada waktu itu berjumpa dengan beberapa Advokat senior Alm.Haryono Tjitrosoebono selaky Ketua Umum DPP IKADIN, Alm.Maruli Simorangkar, Hotma Sitompoel dan Ruhut Sitompoel dan lain lain.

 Saya cukup bangga sekali dan terus terang sederetan Advokat senior yang sukses di negeri ini adalah binaan beliau seperti Todung Muliya Lubis, Hotma Sitompoel, Luhut.M.P.Pangaribuan, Bambang Wijayanto termasuk Otto Hasibuan tokoh Pendiri PERADI tidak dapat saya sebut satu persatu mereka baik yang sudah tiada maupun masih hidup berangkat dari binaan Abang ABN sirambut perak ini.

Saya cukup kagum dan bangga melihat gaya bicaranya, cukup tegas dan vokal setiao bicara dan argumentasinya dan ketajaman intelektualnya salah satu putra terbaik bangsa ini kita benar-benar kehilangan beliau di usia 81 tahun wafat semoga beliau wafat dalam husnul khotimah aamiin yarobil alamin.

Tidak berlebihan jika organisasi YLBH/ LBH Jakarta, DPP IKADIN dan juga DPN PERADI mengusulkan beliau untuk di jadikan salah satu Pahlawan Nasional bidang hukum, berkat jasa-jasa beliau seorang pejuang hukum dan keadilan serta HAM dan negara Demokrasi sebesar Indonesia tentu masih banyak pejuang Hukum ; Advokat seperti tidak kalah hebat nya  Alm.Yap Thian Hien Pengacara/ Advokat keturunan Tionghoa Aceh yang mengabdikan dirinya ketika hidup berjuang demi menegakan hukum kebenaran dan keadilan pejusng HAM, kelahiran 25 Mei 1913 Banda Aceh meninggal 25 April 1989 di daerah Ibu Kota Btussel Belgia punya gaya bicara nya sampai di juluki Singa Pengadilan saya melihat dua Tokoh layak di jadikan Pahlawan Nasional membidangi hukum.

ABN, disamping gigih mrmperjuangkan hukum ketika itu menjabat Jaksa Penuntut Umum ( JPU ) melihat posisi Terdakwa duduk di pesakitan tidaklah berimbang perlu ada seorang Pembela Hukum/ Advokat yang berani dan Advokat handal dengan strategi nya untuk membebaskan Terdakwa dari segala tuntutan hukum itulah kebanggaan seorang Pembela melihat itu berpindalah kursinya dari sebelah kanan kesebelah kiri ; Penasehat Hukum.

Saya penulis melihat Alm.ABN layak di jadikan salah satu Pahlawan Nasional mari kita usulkan dan kita dukung semua organisasi Advokat ; YLBHI/ LBH, DPP IKADIN, DPN PERADI Advokat harus menghargai Pahlawan dan pendahulunya mari kita perkecil perbedaan kepentingan pribadi atau kelompok dan juga PERADI HARUS BERSATU DIBAWA KEPEMIMPINAN Prof.Dr.Otto Hasibuan, S.H., M.M. tetap memperkuat bentuk OA " Single Bar " sebagai amanat U Advokat Nomor 18 Tahun 2003 dan setekah bersatu dan Munas Bersama dengan sistem " One Man One Vote " satu Advokat satu suara pemilihan langsung, bebas dan rasia bukan perwakilan
setelah kita dorong agar Bapak Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia mencabut Surat Ketua MARI Nomor 073 Tahun 2015 karena bertentangan dengan UU Advokat azas Perundang-Undangan peraturan yang lebih rendah harus tunduk pada peraturan atau Perundang-Undangan yang lebih tinggi tingkatannya.




Kesimpulan dari tulisan singkat ini untuk si Abang Alm.Adnan Buyung Nasution layak kita usulkan Pahlawan Nasional yang membidangi hukum, berkat jasa-jasa beliau pada penegakan hukum dan keadilan semoga ada manfaat nya khusus awak media di ucapkan terimakasih atas kerjasama nya salam perjuangan !!!


Penulis : Dosen Tetap Fakultas Hukum & Sosial Universitas Mathla'ul Anwar Banten, NIK : 0423028301. NIDN : 0423026301.
HP : 0821 5877 1110- 0812 8485 1263. Email : sitompul.herman4@gmail.com.
Dosen Terbang PKPA Peradi sejak zaman Ikadin 2007 sd sekarang uda mengajar di 37 PTN/ PTS se Indonesia.
[15/7 23.05] Wasekjen Peradi M HH Sitompul SH MH: Wakil Sekretaris Jenderal DPN Peradi Bid.Kajian Hukum & Perundang-Undangan.
Wakil Sekretaris Jenderal DPP Ikadin.
Ketua DPC Peradi Pandeglang.
Ketua DPC Ikadin Serang.
Anggota Dewan Pakar JBMI dan Ketua DPW JBMI Prov.Banten, Direktur LBH HBB Prov.Banten dan Direktur LPBH PRTS Bid.Pengkaderan Anggota.


Komentar

Tampilkan

Terkini